Respon Mahasiswa terhadap Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah

Authors

  • Almira Ulimaz Program Studi Agroindustri Jurusan Teknologi Industri Pertanian Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v7i1.98

Keywords:

inkuiri terbimbing, modul praktikum, respon, teknologi pengolahan limbah.

Abstract

Abstrak

 

Pandemi COVID19 memberikan dampak di semua aspek kehidupan salah satunya adalah aspek pendidikan. Seluruh pengajar di semua jenjang pendidikan harus bisa mengajar dalam kondisi tidak bertatap muka secara langsung dengan peserta didik yang diajar. Hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada sistem pengajaran saat di kelas yang biasanya dilaksanakan secara offline maka sekarang harus dilaksanakan secara online. Materi ajar yang disampaikan juga harus dimodifikasi agar kompetensi yang didapat oleh peserta didik tetap sama meskipun tidak ada pertemuan face to face. Pembelajaran dengan kelas praktikum juga terkadang harus dilakukan oleh peserta didik sendiri di rumah mereka masingmasing. Oleh sebab itu pengajar harus mampu membuat bahan ajar yang bisa dipahami dengan cukup baik oleh perserta didik. Selain itu, bahan ajar tersebut sebaiknya mendapat tanggapan yang baik juga dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Penelitian ini menggunakan instrumen angket atau kuesioner yang disebar ke 30 mahasiswa untuk mengetahui bagaimana respon mereka terhadap nilai kepraktisan penggunaan modul praktikum daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pilihan jawaban  rata–rata sebesar 90% atau masuk kategori “baik sekali” untuk respon peserta didik terhadap nilai kepraktisan penggunaan modul praktikum daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah.

 

Kata kunci : inkuiri terbimbing, modul, praktikum, respon, teknologi pengolahan limbah.

 

 

Abstract

 

The COVID-19 pandemic has an impact on all aspects of life, one of it is the education aspect. All educators in all levels of education must be able to teach in conditions that are not being able to talk face to face with the students. This will also affect the teaching system when in class which is usually carried out offline so now it must be carried out online. The teaching materials delivered must also be modified so that the competencies gained by students remain the same even though there is no direct meeting. Learning with practical classes also sometimes has to be done by students themselves in their homes. Therefore, educators must be able to make teaching materials that can be understood quite well by students. In addition, these teaching materials should also get a good response from students. This study aims to describe student responses to guided inquiry-based practical modules in online learning for Teknologi Pengolahan Limbah course. This study uses a questionnaire instrument which is distributed to 30 students to find out how they respond to the practical value of using the online practicum module for Teknologi Pengolahan Limbah course. The results showed that the average answer choices were 90% or included in the "very good" category for student responses to the practical value of using the online practical module for Teknologi Pengolahan Limbah course.

 

Keywords : guided inquiry, learning, modules, response, teknologi pengolahan limbah.

References

Ahmadi, Rulam. (2015). Pengantar Pendidikan: Asas dan Filsafat Pendidikan. Cetakan Pertama penyunt. Yogyakarta: Ar–Ruzz Media.

Dosinaeng, W. B. N, Leton, S.I, Lakapu, M. (2019). Kemampuan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Berorientasi HOTS. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 250-264. doi: http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2197

Hidayah, Y. and Ulimaz, A., 2018. Respon siswa kelas VII SMPN 3 Banjarbaru pada materi Biologi melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4), pp.163–169.

K. A. Astiti, I. W. Sadia, & K. Suma. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Hipotetik terhadap Keterampilan Berfikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia(Online), III(1), pp. 1–13.(http://oldpasca.undiksha.ac.id/e–journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/753, diakses 08 Januari 2022).

Nefianthi, R. and Ulimaz, A., 2017, May. Students’ Science Generic Skills Using KNoS–KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA–DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228–232). Atlantis Press.

Ni’mah, S., Ulimaz, A. and Lestari, N.C., 2018. Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Biologi Siswa SMP Di Banjarmasin Barat. Jurnal Biotek, 6(2), pp.120–130.

Sumbawa, Kabar. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran. Redaksi Pendidikan. https://www.kabarsumbawa.com/2017/01/05/pentingnya–media–pembelajaran/. Diakses pada 10 Januari 2022.

Ulimaz, A., 2015. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 1(3).

Ulimaz, A., 2016. Penerapan Inkuiri Terbimbing pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIIA SMPN 3 Tanjung dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), pp.96–100.

Ulimaz, A., 2019. Hasil Belajar Mahasiswa Prodi DIII Agroindustri Pada Materi Parameter Limbah Cair Menggunakan Media Pembelajaran Kahoot. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4).

Ulimaz, A., Agustina, D.K., Anggraini, D.P. and Sulistiana, D., 2020. Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), pp.41-51.

Wicaksono, S.R., Lubis, M.S.A., Suprapto, E., Khasanah, K. and Ulimaz, A., 2021. Improvisation of Project-Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), pp.215-224.

Widodo, Kurniawan. 2017. Pentingnya Media dalam Pembelajaran. Ikatan Guru Indonesia. https://www.igi.or.id/pentingnya–media–dalam–pembelajaran.html. Diakses pada 10 Januari 2022.

Downloads

Published

2021-05-24

How to Cite

Ulimaz, A. (2021). Respon Mahasiswa terhadap Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pembelajaran Daring Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21–26. https://doi.org/10.34128/jht.v7i1.98