Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus: Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya)

Authors

  • Norhayati Norhayati STMIK Palangkaraya
  • Sherly Jayanti Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v6i1.73

Keywords:

podcast, pemanfaatan teknologi, belajar secara mandiri, mahasiswa kota palangkaraya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan teknologi oleh para mahasiswa di kota Palangkaraya. Teknologi yang menjadi fokus disini adalah podcast. Podcast merupakan audio dan video yang marak digunakan sebagai sarana penyampaian informasi. Informasi yang diberikan sangat beragam, hal ini tergantung dari narasumber atau pembicara dalam topik podcast tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif studi. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan lembar kuisioner semi terbuka and wawancara semi terstruktur. Analisa data yang dilakukan oleh peneliti adalah analisis persentase. Sehingga kemudian hasil analisis tersebut dijabarkan secara jelas guna menggambarkan keadaan objek secara konkrit dan riil. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa 97% mahasiswa di kota Palangkaraya telah mengenal dan menggunakan podcast sebagai sarana untuk mendapatkan informasi terkait dengan bidang ilmunya masing-masing. Akan tetapi beberapa dari mereka masih mengalami kendala dalam memahami podast yang berbahasa Inggris.

Downloads

Published

2020-05-28

How to Cite

Norhayati, N., & Jayanti, S. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus: Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi, 6(1), 29–36. https://doi.org/10.34128/jht.v6i1.73