Efektivitas Blended Learning Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Authors

  • Tekad Budiantoro Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Karolina Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.108

Keywords:

blendedlearning, hasilbelajar, matakuliahbahasaindonesia, bahasaindonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan efektivitas penerapan blended learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan pada semester genap 2020/2021. Subyek penelitian adalah 50 orang  mahasiswa Prodi Akuntansi. Data dikumpulkan dari tes hasil belajar mahasiswa. Data dianalisis dengan 3 cara yakni, (1) menganalisis secara deskriptif dari hasil rata-rata tes hasil belajar, (2) menganalisis dengan menggunakan uji-t berpasangan untuk mendeskripsikan signifikan atau tidak nya perbedaan hasil pretest dan posttest, (3) menganalisis dengan uji n-gain untuk mengetahui level efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rerata pretest adalah 13,56 dan rerata posttest adalah 77,14. Hasil sig 2 tailed dari uji-t berpasangan lebih kecil dari 0.05 sehingga ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. N-gain score adalah 0,74 yang berarti efektivitasnya memiliki kategori tinggi. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penerapan blended learning pada mata kuliah Bahasa Indonesia efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan kategori tinggi.

References

Darmika, I. P., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2019). Penggunaan E-Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri Bali Mandara. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 260–272. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20620

Dewantara, D, Misbah, M., & Wati, M. (2019). The Implementation of Blended Learning in analog electronic learning. Journal of Physics: Conference Series, 1422(012002), 1–5. https://doi.org/10.4108/eai.27-4-2019.2285291

Dewantara, Dewi. (2018). Perbedaan Kemampuan Analisis Mahasiswa Antara Pembelajaran Berbantuan Schoology dan Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Biologi. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(April), 1–8. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i1.826

Dewantara, Dewi. (2019). The effect of learning with the mindmapping method using imindmap towards student’s analytical ability. Indonesian Journal of Science and Education, 3(1), 10–14. https://doi.org/10.31002/ijose.v3i1.1171

Ekawati, N. E. (2018). Application of Blended Learning with Edmodo Application Based on PDEODE Learning Strategy to Increase Student Learning Achievement. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 7–16. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2285/1858

Farida, A., & Indah, R. P. (2018). Penerapan Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandirian Belajar Dan Critical Thinking Mahasiswa. Jurnal Derivat, 5(2), 19–27.

Fitriana, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Pada MAta Kuliah Pemisahan Kimia Materi Kromatografi Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar. Erudio (Journal of Educational Innovation), 4(1), 46–54.

Handayani, S. (2018). Impact of Blended Learning on Student Learning Result in Microeconomics Course. Classroom Action Research Journal, 2(3), 133–140. https://doi.org/10.17977/um099v1i12017p36

Hasmunarti, Bahri, A., & Idris, I. S. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan blended learning terintegrasi strategi PBLRQA (Problem-Based Learning and Reading, Questioning & Answering) pada pembelajaran biologi. Biology Teaching and Learning, 1(2), 101–108. http://si.its.ac.id/data/sisfo_data/files/6_vol4no5.pdf

Kristiono, I. D., Dwiyogo, W. D., & Hariadi, I. (2019). Pembelajaran Ilmu Gizi Olahraga Berbasis Blended Learning pada Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 235–241.

Misbah, M., Pratama, W. A., Hartini, S., & Dewantara, D. (2018). Pengembangan E-Learning Berbasis Schoology pada Materi Impuls dan Momentum untuk Melatihkan Literasi Digital. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 3(2), 109–114.

Nurhayati, V., Suyanto, E., & Suana, W. (2018). Desain Perangkat Blended Learning Berbantuan Learning Management System Pada Materi Fluida Dinamis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 21–33.

Riasari, D. (2018). Peranan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Blended Learning Terhadap Komunikasi Matematis Siswa dalam Materi Statistik Pada SMAN 1 Tapung. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 813–820.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembalajaran di Era 21 dengan Blended Learning. JKTP, 1(1), 13–18.

Wardhani, A. A., & Rinaningsih, D. (2012). Pengembangan Tes Diagnostik Berbasis Komputer Menggunakan Program PHP MySQL Pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia SMA Kelas XI. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 25–2252.

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Budiantoro, T., & Karolina. (2022). Efektivitas Blended Learning Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia. urnal umaniora eknologi, 8(1). https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.108