VALIDITAS DAN REALIBILITAS ASESMEN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATAKULIAH BAHASA INDONESIA

Authors

  • Tekad Budiantoro Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Budi Kurniawan

Keywords:

instrumen, keterampilan komunikasi, reliabilitas, validitas

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan reliabilitas terhadap instrumen pengukuran keterampilan komunikasi dan kolaborasi pada mata kuliah Bahasa Indoonesia. Peelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen asesmen keterampilan komunikasi dan keterampilan kolaborasi pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Instrumen asesmen keterampilan komunikasi berupa angket dengan skala likert 1-5 sebanyak 8 item pernyataan. Instrumen asesmen keterampilan kolaborasiberupa angket dengan skala likert 1-5 sebanyak 8 item pernyataan. Data dikumpulkan dari 23 mahasiswa Program studi Akuntansi Politeknik Negeri Tanah Laut pada bulan April 2021. Sesuai dengan tujuan penelitian, data akan dianalisis secara statistik berbantuan SPSS untuk menguji validitas dan reliabilitasnya. Uji validitas dilakukan dengan menggunakan Product Moment Pearson Correlation.  Reliabilitas diuji dengan formula Alpha Cronbach yang dibantu dengan aplikasi SPSS. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa 7 item pada instrumen pengukuran keterampilan komunikasi dan kolaborasi bersifat valid dan reliabel. Oleh karena itu dapat dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan instrumen pengukuran keterampilan komunikasi dan kolaborasi pada mata kuliah Bahasa Indoonesia. Instrumen ini juga dapat dijadikan sebagai acuan pembuatan instrumen untuk materi atau mata kuliah lainnya.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Busnawir. (2012). Kajian Kestabilan Reliabilitas (Kasus Skala Sikap dan Kecerdasan Emosional) Busnawir. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Dewantara, D., Mahtari, S., & Misbah, M. (2021). Create an interactive video about alternative energy sources from fruits to optimize student creativity. Journal of Physics: Conference Series, 1760.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Hilman Imadul Umam, & Jiddiyyah, S. H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5(1).

Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v13i2.3557

Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta (pp. 211–216).

Karim, M. (2020). Keterampilan abad 21 dan desain pembelajarannya. In Proceeding International Conference on Islamic Education “Innovative Learning Designs to Empower Students in Digital Works” Faculty of Tarbiyah and Teaching Training Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang (pp. 161–169).

Kosasih, B. D., & Jaelani, A. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Steam Dalam Menunjang Kompetensi Siswa Abad 21. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Merta, I. W., Setiadi, D., & Artayasa, P. (2021). Workshop Teknik Pengembangan Instrumen Evaluasi Keterampilan Abad 21 Bagi Guru-Guru SMPN 20 Mataram. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Setyautami, C. (2020). Fungsi Berpikir Komputasional , Kritis Dan Matematis Dalam Pembelajaran Abad 21. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika.

Suharsono, Y., & Istiqomah. (2014). Validitas Dan Reliabilitas Skala Self-Efficacy. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 02(01), 144–151. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jipt/article/view/1776

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah?: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2021-10-06

How to Cite

Budiantoro, T., & Kurniawan, B. (2021). VALIDITAS DAN REALIBILITAS ASESMEN KETERAMPILAN KOMUNIKASI DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATAKULIAH BAHASA INDONESIA. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(2), 1–7. Retrieved from https://jht.politala.ac.id/index.php/jht/article/view/89