PEMECAHAN PERMASALAHAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) YANG TERINTEGRASI DAN HOLISTIK

Authors

  • Rabini Sayyidati

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v3i1.33

Abstract

Kajian bersama HISPISI ini merupakan salah satu wujud kepedulian masyarakat Pendidikan IPS untuk mengkaji ulang tentang berbagai permasalahan sosial yang terjadi, khususnya yang berkaitan dengan pembelajaran IPS. Melalui pendidikan IPS yang terintegrasi dan holistik diharapkan peserta didik dapat memecahkan permasalahan sosial yang ada di sekitar lingkungannya. Gambaran cakupan materi ilmu-ilmu sosial dan humaniora adalah berbagai materi yang paling dirasakan penting, bagi kebutuhan pendidikan peserta didik, terutama yang berkaitan dengan pembentukan kemampuan memahami realitas sosial, kemudian peserta didik mampu memberi nilai, baik dalam bentuk internal-personal pribadinya, maupun  dalam bentuk eksternal sosial lingkungannya. Selanjutnya, pembelajaran Pendidikan IPS mampu membentuk sikap sosial, yang berlandaskan karakter dan jati diri di lingkungannya, dan terutama sebagai warga masyarakat Indonesia, yang berbudi luhur dan berkepribadian mulia. Seluruh potensi yang terkandung dalam content ilmu-ilmu sosial harus terintegrasi. Oleh sebab itu, pembelajaran Pendidikan IPS yang demikian, diperlukan pemahaman yang luas, bukan saja pada aspek knowledge (pengetahuan), tetapi juga dalam bentuk keterampilan (skill), nilai dan sikap (value and attitude) dan tindakan (action). Melalui 4 dimensi ini, pembelajaran yang terintegrasi dan holistik dapat memecahkan permasalahan sosial yang dilihat dari segala aspek ilmu pendidikan IPS, selain itu juga untuk menumbuhkan pemikiran kritis peserta didik terhadap permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar mereka.

 

Kata Kunci: Permasalahan Sosial, Pembelajaran, Pendidikan IPS, Terintegrasi, Holistik

References

Alma, Buchari, dkk. 2010. Pembelajaran Studi Sosial. Alfabeta. Bandung.

Al Muchtar, Suwarma. Visi dan Misi pendidikan IPS Dalam Perspektif Perubahan Sosial Budaya. MakalahSeminar dan lokakarya Kuliah Perdana Program studi Magister Pendidikan IPS FKIP UNLAM. Banjarmasin, 6 Maret 2010.

Daldjoeni. N. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Alumni. Bandung.

Gunawan, Rudy. 2017. Pendidikan Holistik dalam Pembelajaran IPS di SMP/MTS. in: Pendidikan Holistik Konsep dan Implementasi dalam Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press.

Hill. Winfred F. 2010. Theories of Learning. Teori-teori Pembelajaran ,Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi. Penerbit Nusa Media. Bandung.

HISPISI. 2010. Pendidikan IPS (definisi, tujuan, SKL, konten, proses dan asesmen). Makalah. Yogyakarta.

https://www.bps.go.id/publication.html

ITANG, Itang. Faktor Faktor Penyebab Kemiskinan. Tazkiya, [S.l.], v. 16, n. 01, p. 1-30, Jan. 2017.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses melalui kbbi.web.id pada tanggal 17 September 2017.

Karli, H. Dan Yuliatiatittingsih. 2003. Model-Model Pembelajaran. Bina Media Informasi. Bandung.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS. PT. Rosdakarya. Bandung.

Somantri, Nu’man. 2001. (Editor: Dedi Supriadi & Rahmat Mulyana). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung. PPS-FPIPS UPI dan Remadja Rosda Karya.

Suharto, Edi. 1997. Pembangunan, Kebijakan Sosial dan Pekerjaan Sosial: Spektrum Pemikiran, Lembaga Studi Pembangunan-STKS. Bandung.

Sumarnonugroho, T. 1987. Sistem Intervensi Kesejahteraan Sosial. Hanindita. Jogjakarta.

Saud, Udin Saefudin. 2006. Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif. Rosdakarya. Bandung.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Jogyakarta.

Taufik, Agus, dkk. 2011. Pendidikan Anak di SD. Universitas Terbuka. Jakarta.

UU No. 2 Tahun 2003. 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Penjelasannya. Media Wacana Press. Jogjakarta.

Downloads

Published

2018-08-23

How to Cite

Sayyidati, R. (2018). PEMECAHAN PERMASALAHAN SOSIAL MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN IPS (ILMU PENGETAHUAN SOSIAL) YANG TERINTEGRASI DAN HOLISTIK. Jurnal Humaniora Teknologi, 3(1). https://doi.org/10.34128/jht.v3i1.33

Issue

Section

Articles