ANALISIS PENGARUH BIMBINGAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.34128/jht.v3i1.30Abstract
Dalam hal pendidikan formal baik tingkat sekolah maupun perguruan tinggi, baik atau buruknya tingkat pendidikan seseorang biasanya diukur melalui prestasi yang didapatkan, oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan bimbingan orang tua dan prestasi mahasiswa Politeknik Negeri Tanah Laut tahun angkatan 2015. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 147 mahasiswa yang selanjutnya dianalisis melalui analisis korelasi product moment. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara bimbingan orang tua
dengan prestasi akademik mahasiswa angkatan 2015 Politeknik Negeri Tanah Laut karena nilai signifikasi dalam perhitungan yang bernilai 0.187 bernilai lebih besar dibandingkan dengan level signifikansi yang menjadi acuan yaitu sebesar 0.05. Lebih jauh, nilai koefisien korelasi yang dihasilkan pun menunjukkan tingkat korelasi yang sangat lemah yaitu sebesar 0.109. Hal ini dapat terjadi karena pada dasarnya anak ditingkat perguruan tinggi telah lebih mandiri sehingga bimbingan orang tua tidak berpengaruh secara langsung terhadap prestasi mereka.
Kata Kunci: Analisis Korelasi, Bimbingan Orang Tua, Prestasi Mahasiswa
References
Anwar, Chairul. 2009. Strategi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Studi Komparasi atas Pemikiran Ki Hajar Dewantara dengan Hasan Langgulung). Skripsi. Universitas Islam
Negeri Syarif Hidayatullah.
Becker, H., dan Epstein, J. 1982. Parent Involvement: A Survey of Teacher Practices. The Elementary School Journal. No. 83. pp. 85-102.
Hara, S.R., dan Burke, D.J. 1998. Parent Involvement: The Key To Improved Student Achivement. The School Community Journal.
Vol. 8. No. 2. pp 9-19.
Hendriyanto, M.N. 2016. Peran Bimbingan Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK 45 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rafiq, H.M.W., Fatima, T., Sohail, M.M., Saleem, M., dan Khan, M.A. 2013. Parental Involvement and Academic Achievement; A Study on Secondary School Student of Lahore, Pakistan. International Journal of Humanities and Social Science. Vol. 3, No.8. pp. 209-223
Setiyani, I. 2015. Korelasi antara Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa di SDN Premulung No. 94 Surakata Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhiya. Jakarta: Rineka Cipta.Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung:Alfabeta