Penerapan E-Learning Terhadap Tingkat Pemahaman Membaca Teks Berbahasa Inggris dengan Tema Teknologi Pada Mahasiswa STMIK Palangkaraya

Authors

  • Norhayati STMIK Palangkaraya
  • Christia Putra STMIK Palangkaraya
  • Catharina Elmayantie STMIK Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.100

Keywords:

e-learning, membaca dengan pemahaman, teknologi, komputer

Abstract

Penerapan e-learning telah menjadi hal yang lumrah pada masa sekarang ini. Ditambah lagi dalam keadaan pandemi seperti saat ini, dimana pembelajaran tatap muka dilakukan secara daring melalui berbagai platform aplikasi. Dalam penelitian ini, penulis melakukan evaluasi terhadap hasil dari penerapan e-learning bagi mahasiswa pada perguruan tinggi, terutama pada STMIK Palangkaraya. Variabel utama yang akan dievaluasi adalah pengaruh dari penerapan e-learning terhadap tingkat pemahaman teks berbahasa Inggris bagi mahasiswa STMIK Palangkaraya.  Metode penelitian yang digunakan adalah desriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa; 1) Kebiasaan membaca mahasiswa STMIK Palangkaraya cukup baik namun masih perlu ditingkatkan lagi; 2) Mahasiswa memiliki tingkat pemahaman yang baik saat mengerjakan tes reading comprehension secara konvensional; dan 3) Rendahnya skor saat mengerjakan tes menggunakan google assessment dikarenakan beberapa factor, diantaranya: tersedia pilihan jawaban dalam bentuk multiple choice, sehingga sebagian besar (60 %) mahasiswa hanya menebak dalam memberikan jawaban; tampilan google assessment untuk teks yang panjang kurang nyaman bagi mahasiswa saat membaca dan kendala teknis terkait jaringan yang kurang stabil saat mengerjakan assessment.

References

Afriazi, Rudi. 2016. Pembelajaran Bahasa Inggris di Perguruan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad XXI. Jurnal Ilmu Pendidikan. 7. 10.17977/jip.v7i1.592. https://e-journal.my.id/jsgp/article/download/235/206/

Aziz Abdul. 2020. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Dalam Proses Belajar Bahasa Inggris di Universitas Darwan Ali Sampit. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, March 2020.

Scott, W.A. dan Ytreberg, L.H. (2003) Teaching English to Children. New York: Longman.

Linse, C. 2005. Practical English Language Teaching Young Learners. New York: McGraw Hill.

Kamarga, Hanny, 2002, Belajar Sejarah melalui e-learning; Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan, Inti Media, Jakarta

Kurniawan Sabar, A. R. (2011). Penggunaan Web (E-Learning) Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Inggris Di Briton International English School Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 444-456.

Hartley, Darin E., 2001, Selling E-Learning, American Society for Training and Development

Purbo, Onno. W., Membangun E-Learning, Elex Media Komputindo, Jakarta

Rosenberg, M. J., 2001, E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age, McGraw-Hill, New York

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-05-26

How to Cite

Norhayati, Putra, C. ., & Elmayantie, C. (2022). Penerapan E-Learning Terhadap Tingkat Pemahaman Membaca Teks Berbahasa Inggris dengan Tema Teknologi Pada Mahasiswa STMIK Palangkaraya. Jurnal Humaniora Teknologi, 8(1). https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.100