PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEAHLIAN PEMAKAI DALAM MENDUKUNG KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI

Authors

  • Melvie Paramitha Universitas Widya Kartika Surabaya
  • Yunita Setiawati Universitas Widya Kartika
  • Florensia Caroline Universitas Widya Kartika
  • Silvy Carolina Universitas Widya Kartika

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v8i2.113

Keywords:

Kata kunci : akuntan,  keahlian pemakai, kualitas informasi akuntansi, teknologi informasi

Abstract

Abstrak

Di masa perkembangan digitalisasi saat ini, penggunaan teknologi informasi sangat diperlukan dan juga mempermudah dalam penyampaian suatu informasi. Pada profesi akuntan, teknologi juga dibutuhkan dalam pencatatan laporan keuangan. Teknologi informasi dan keahlian pemakai dapat digunakan sebagai pendukung dalam menciptakan informasi akuntansi yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan teknologi informasi dan keahlian pemakai dalam mendukung kualitas informasi akuntansi. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada para akuntan yang bekerja di perusahaan, kantor akuntan publik, dan kantor konsultan pajak. Hasil kuesioner menunjukkan bahwa penggunaan teknologi informasi telah dilakukan di tempat kerja dalam menghasilkan informasi akuntansi yang berkualitas. Dengan adanya teknologi informasi yang berkembang pesat, maka pelatihan dan pengembangan keahlian akuntan perlu dilakukan oleh perusahaan. Masa kerja akuntan juga mendukung dalam penyusunan informasi akuntansi yang berkualitas.

 

 

References

Agung, A. dan Putra, I. N. (2005). Pemanfaatan TI dan Pengaruhnya pada Kinerja Individual Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Tabanan, Jurnal Akuntansi, vol 5 no 1

Evania, N., Taufik, T., & Hasan, M. A. (2016). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Keahlian Pemakai, Dan Intensitas Pemakaian Terhadap Kualitas Informasi Akuntansi (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Ekonomi, 3(1), 635-649.

Fitriyani, R., & Lismawati, L. (2014). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi, Keahlian Pemakai dan Intensitas Pemakaian terhadap Kualitas Informasi Akuntansi. (Doctoral dissertation, Universitas Bengkulu).

Loudon, Kenneth C. & Jane P. Laudon. (2012). Management Information Systems: Managing the Digital Firm. 12th Edition. NJ: Prentice-Hall.

Negash, S., Ryan, T., & Igbaria, M. (2003). Quality and Effectiveness in Web Based Customer Support Systems. Information & Mangement, 40(8): 757-768.

Ong, C. S., Day, M. Y., & Hsu, W. L. (2009). A Measurement of User Satisfaction with Question Answering Systems. Journal of Information and Management. 46(7), h: 397- 403.

Rahmi, M. (2013). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Keahlian Pemakai terhadap Kualitas Informasi Akuntansi. Skripsi FE UNP.

Sari, P. T. (2015). Persepsi Mahasiswa Atas Pengaruh Teknologi InformasiTerhadap Kualitas informasi Akuntansi Dengan Etika Pengguna Sebagai Variabel Moderasi. Fakultas Ekonomika Dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang.

Simkin, M. G., Norman, C. S., & Rose, J. (2013). Accounting information systems. John Wiley & Sons.

Sutabri, T. (2013). Komputer dan Masyarakat. Yogyakarta: CV. Andi.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Melvie Paramitha, Yunita Setiawati, Florensia Caroline, & Silvy Carolina. (2022). PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEAHLIAN PEMAKAI DALAM MENDUKUNG KUALITAS INFORMASI AKUNTANSI. Jurnal Humaniora Teknologi, 8(2). https://doi.org/10.34128/jht.v8i2.113