APLIKASI PENGENALAN BODY PARTS BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN ANDROID

Authors

  • Helda Herlisa Politeknik Negeri Tanah Laut
  • Wan Yuliyanti Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v9i2.160

Keywords:

aplikasi pembelajaran, augmented reality, body parts, e-learning

Abstract

Meningkatnya penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan menyebabkan meningkat pula motivasi para pendidik dalam mengembangkan media pembelajaran menggunakan smartphone atau biasa dikenal dengan e-learning berbasis android. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi augmented reality (AR) bagi anak usia 4-6 tahun yang kaya akan aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberi ruang kepada murid untuk lebih meningkatkan keingintahuan mereka. Tujuan dari dirancangnya media pembelajaran kosakata (vocabulary) Bahasa Inggris untuk tema pengenalan body parts dengan mengimplementasikan aplikasi AR yaitu dapat digunakan untuk menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana anak dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga anak-anak dapat bermain sambil belajar. Hal ini dilakukan dengan cara menggambar objek 3D pada marker, yakni sebuah pola yang bersifat unik dan dapat dikenali oleh aplikasi. Smartphone memungkinkan pengembangan aplikasi AR dengan murah serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Aplikasi ini dibuat dengan vuforia SDK sebagai alat untuk mengembangkan AR dengan java, C# berbasis android. Penggunaan teknologi AR diharapkan bisa menampilkan objek berupa upper body, middle body, dan lower body, secara virtual 3D dalam sebuah marker sebagai alat peraga yang dituangkan dalam sebuah handbook. Marker yang dideteksi oleh kamera akan menampilkan model 3D di layar perangkat android secara real time dan mengeluarkan suara ketika objek di klik. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan suatu metode dengan menganalisa problem, approach, development, implementation dan result. Melalui aplikasi pengenalan body parts berbasis AR menggunakan android khusus untuk anak usia 4-6 tahun atau yang sedang duduk di bangku PAUD ini dapat meningkatkan minat dan kemampuan anak dalam belajar vocabulary.

References

Anggraini, D. P., Sulistiana, D., Agustina, D. K., & Ulimaz, A. (2020). Determination of Kinetic Parameters and The Effect of Ion Mg2+ Inhibition Into Pectinase Activities. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 112-118.

Dewi, A. F., & Ikbal, M. (2022). Perancangan Augmented Reality (AR) sebagai Media Promosi Objek Wisata Berbasis Android. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 1, 179-186.

Fernando, M. (2013). Membuat aplikasi android augmented reality menggunakan vuforia sdk dan unity. Buku AR Online, Manado.

Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Respon siswa kelas VII SMPN 3 Banjarbaru pada materi biologi melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4), 163-169.

Hidayat, T. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77-92.

Lolang, E., Salsabyla, F., Suhud, A., Oktiawati, U. Y., & Ulimaz, A. (2023). BEBAN KOGNITIF: EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD (ECL) SISWA YANG DIPENGARUHI OLEH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 184-191.

Madaling, M., Lasino, L., Munir, M., Nainggolan, H., Ulimaz, A., & Weraman, P. (2023). Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 672-684.

Mauludin Yusup Suyudi, F. Y. Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Organ Dalam Tubuh Manusia Berbasis Android.

Mukti, F. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) di Kelas V MI Wahid Hasyim. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 299.

Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai media pembelajaran. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 13(2), 174-183.

Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).

Nefianthi, R., & Ulimaz, A. (2017, May). Students' Science Generic Skills Using KNoS-KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228-232). Atlantis Press.

Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2020). Aktivitas Dan Respon Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 25 Banjarmasin Terhadap Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM research trends from 2013 to 2022: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education (IJTE), 6(2), 224-237.

Nurhidayati, N., & Nur, A. M. M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos Di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur. Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, 4(1), 51-62.

Ombai, T. O., Putri, P. M., Eko, E. K. P., Anna, A. S., & Anisya, A. (2024). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Gerbang Logika Berbasis Augmented Reality Menggunakan Standar ISO 25010. Jurnal Teknik Informatika dan Teknologi Informasi, 4(1).

Saediman, H., Gafaruddin, A. B. D. U. L., Hidrawati, H. I. D. R. A. W. A. T. I., Salam, I., Ulimaz, A., Rianse, I. S., ... & Taridala, S. A. A. (2021). The contribution of home food gardening program to household food security in Indonesia: A review. WSEAS Transactions on Environment and Development, 17(1), 795-809.

Sari, I. P., Al-Khowarizmi, A. K., Saragih, M., & Manurung, A. A. (2023). Perancangan Sistem Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Virtual Reality dan Augmented Reality. sudo Jurnal Teknik Informatika, 2(2), 61-67.

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(2), 615-628.

Sylviaty, E., Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar kognitif produk siswa pada materi Biologi ciri-ciri makhluk hidup Kelas VII SMPN 3 Banjarbaru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1).

Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII A SMPN 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 96-100.

Ulimaz, A. (2018). Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem di Kelas X-“E Man 2 Model Banjarmasin. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 205-217.

Ulimaz, A. (2018). Hasil Belajar Kognitif Proses Siswa Kelas X3 SMAN 10 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(2).

Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Produk Siswa Kelas VII. A SMPN 1 Angsana pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup dalam Pelestarian Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS). Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 74-83.

Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21-26.

Ulimaz, A. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar di Perguruan Tinggi Berbasis Vokasi. Nusantara Hasana Journal, 2(1), 198-206.

Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2019). Analysis of Household Waste Volume in North Banjarbaru District, Banjarbaru City. ESE International Journal (Environmental Science and Engineering), 2(2), 1-5.

Ulimaz, A., & Yardani, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Konsep Pengetahuan Bahan Agroindustri dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(9), 1941-1950.

Ulimaz, A., Yardani, J., & Widiyastuti, D. A. (2023). Increase Student Learning Activities by Using A Problem-Based Learning Model in Legum Technology Lecture Materials. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 238-246.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.

Yuliyanti, W., & Ningsih, Y. (2015). Speak Up, Improve Your English! Banjarbaru: Zukzez Express.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Herlisa, H. ., & Yuliyanti, W. (2023). APLIKASI PENGENALAN BODY PARTS BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN ANDROID. Jurnal Humaniora Teknologi, 9(2), 59–74. https://doi.org/10.34128/jht.v9i2.160