Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Menggunakan Augmented Reality

Authors

  • Rakhmilawati Faznur
  • Herfia Rhomadhona
  • Herpendi Herpendi
  • Fathurrahmani Fathurrahmani Politeknik Negeri Tanah Laut

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.104

Keywords:

aplikasi, koleksi, museum, Augmented Reality

Abstract

Museum umumnya sebagai tempat untuk menyimpan benda berharga, benda bersejarah, hingga benda langka seperti yang berkaitan dengan benda keagamaan, benda adat istiadat, sampai benda sehari-hari. Salah satu museum yang ada di Kalimantan Selatan yaitu Museum Lambung Mangkurat yang berada di Banjarbaru. Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru biasanya menjadi destinasi para pelajar dalam ranagka kunjungan pembelajaran. Bagi para pelajar yang sekolahnya berdekatan dengan museum menjadi sangat mudah untuk mengunjungi Museum Lambung Mangkurat, sebaliknya bagi sekolah yang lokasinya jauh dari museum akan kesulitan karena terkendala dalam biaya dan jarak. Oleh karena itu diperlukan media yang dapat mengilustrasikan benda di Museum Lambung Mangkurat untuk membantu para pelajar. Media yang diperlukan bisa diwujudkan dengan menggunakan Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lambung Mangkurat Menggunakan Augmented Reality yang bertujuan untuk mengilustrasikan benda di museum Lambung Mangkurat sehingga pelajar yang jarak sekolahnya jauh dari museum bisa mengetahui informasi mengenai koleksi yang ada di museum. Aplikasi yang dibangun akan memberi informasi mengenai koleksi museum dalam bentuk 3D beserta keterangan koleksi dengan audio sehingga akan lebih menarik dan mudah untuk dipahami.

Downloads

Published

2022-05-24

How to Cite

Faznur, R., Rhomadhona , H., Herpendi, H., & Fathurrahmani, F. (2022). Aplikasi Pengenalan Koleksi Museum Lambung Mangkurat Banjarbaru Menggunakan Augmented Reality. urnal umaniora eknologi, 8(1). https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.104