ANALISIS TEORETIS TERHADAP LANGKAH-LANGKAH DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENILAIAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.34128/jht.v10i2.205Keywords:
evaluasi pembelajaran, langkah-langkah penilaian pembelajaran, penilaian pembelajaran.Abstract
Penilaian pembelajaran merupakan proses penting untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengevaluasi capaian hasil belajar siswa dalam rangka mengetahui pencapaian tujuan pembelajaran. Studi ini bertujuan untuk mengelaborasi langkah-langkah kegiatan penilaian pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian pembelajaran. Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan. Adapun data yang diperoleh dalam studi ini berasal dari beberapa literatur yang relevan, seperti buku dan jurnal-jurnal terkini. Hasil penelitian ini menemukan bahwa langkah-langkah penilaian pembelajaran mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengolahan hasil, serta pengambilan keputusan dan tindak lanjut. Faktor-faktor yang memengaruhi penilaian antara lain kualitas instrumen penilaian, kemampuan dan objektivitas guru, serta kondisi siswa seperti motivasi dan kesiapan. Selain itu, keakuratan penilaian sangat bergantung pada instrumen yang digunakan, kompetensi guru, dan kesiapan siswa dalam mengikuti pembelajaran.
References
Abdullah, R. (2015). Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah. Lantanida Journal, 3(2).
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 8(1).
Amrulloh, M. A. (2015). Sistem Penilaian dalam Pembelajaran. Jurnal Al Bayan, Vol. 7 No. 2.
Andayani, T., & Madani, F. (2023). Peran Penilaian Pembelajaran dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Pendidikan Dasar. Jurnal Educatio, 9(2).
Arwi, S., Rohendi, D., & Sulaeman. (2019). Kesiapan Belajar Siswa SMK pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2).
Arikunto, S. (1992). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Badrudin, Razabi, M. R., Rahmi, R. S., & Mulyani, S. (2024). Pengembangan Manajemen Penilaian Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol.7 No. 2.
Budiati, Y. M., & Muhadi FX. (2022). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi (Lintas Minat) di SMA Negeri 1 Kalasan. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(2).
Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Respon siswa kelas VII SMPN 3 Banjarbaru pada materi biologi melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4), 163-169.
Ichsan, I., Subroto, D. E., Dewi, R. A. P. K., Ulimaz, A., & Arief, I. (2023). The Effect of Student Worksheet With Creative Problem Solving Based On Students Problem Solving Ability. Journal on Education, 5(4), 11583-11591.
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2).
Indriana, D. (2018). Evaluasi Pembelajaran dan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ittijah: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Bahasa Arab, Vol. 10 No. 2.
Lolang, E., Salsabyla, F., Suhud, A., Oktiawati, U. Y., & Ulimaz, A. (2023). Beban Kognitif: Extraneous Cognitive Load (ECL) siswa yang dipengaruhi oleh e-Learning Berbasis Google Classroom. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 184-191.
Madaling, M., Lasino, L., Munir, M., Nainggolan, H., Ulimaz, A., & Weraman, P. (2023). Efektivitas Penggunaan Google Classroom terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 11(2), 672-684.
Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(2).
Mahirah, B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2).
Marzuki, I., Sholihah, T., & Imansyah, F. A. (2023). Urgensi Aspek Penilaian dalam Evaluasi Pembelajaran. Tadrus Tarbawy Jurnal Kajian Islam dan Pendidikan, 5(1).
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27-38.
Munip, A. (2017). Penilaian Pembelajaran Bahasa Arab. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
Nefianthi, R., & Ulimaz, A. (2017, May). Students' Science Generic Skills Using KNoS-KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228-232). Atlantis Press.
Ni'mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2018). Penerapan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMP di Banjarmasin Barat. Jurnal Biotek, 6(2), 120-130.
Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM Research Trends from 2013 to 2022: A Systematic Literature Review. International Journal of Technology in Education, 6(2), 224-237.
Pare, V. L., & Wainsaf, A. (2023). Strategi Assesmen Pelaksanaan Praktikum Ilmu Pengetahuan Alam di Laboratorium. Science Education Research (Search) Journal.
Patricia, R., Kamala, I., & Juliawati. (2019). Studi tentang Kemampuan Guru Melakukan Penilaian Pembelajaran PAUD di Gugus Mangga di Palangka Raya. Jurnal Pendidikan dan Psikologi Pintar Harati, 15(2).
Prastiwi, Y. E. N., Arba’iyah. Al Barru, A. A., & Hidayatullah, A. S. (2023). Penilaian dan Pengukuran Hasil Belajar pada Peserta Didik Berbasis Analisis Psikologi. BERSATU: Jurnal Pendidikan Bhineka Tunggal Ika, 1(4).
Qibtiah, M., & Ulimaz, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X3 SMA PGRI 6 Banjarmasin Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Perubahan Lingkungan.
Qodir, A. (2017). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: K-Media.
Rahmah, R., & Ulimaz, A. (2017). Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMAN 10 Banjarmasin pada Konsep Ekosistem dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(2), 615-628.
Subrata, I. M., & Rai, I. G. A. (2019). Penerapan Penilaian Autentik dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 8(2).
Sumardi. (2020). Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sylviaty, E., Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar kognitif produk siswa pada materi Biologi ciri-ciri makhluk hidup Kelas VII SMPN 3 Banjarbaru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1).
Ulimaz, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem.
Ulimaz, A. (2018). Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem di Kelas X-“E Man 2 Model Banjarmasin. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 205-217.
Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Produk Siswa Kelas VII. A SMPN 1 Angsana pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup dalam Pelestarian Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS). Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 74-83.
Ulimaz, A., Salim, B. S., Yuniwati, I., Marzuki, M., Syamsuddin, A., & Tumpu, A. B. (2024). Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Dengan Penerapan Pembelajaran Berbasis Game. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Jrpp), 7(1), 1962-1976.
Wahyudin. (2017). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan . Bandung: Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati.
Widiyastuti, D. A., Nurtamara, L., & Ulimaz, A. (2024). Analisis kesadaran dan literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi. Journal on Education, 6(4), 18987-18997.
Zahroh, F. L., & Hilmiyati, F. (2024). Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan. Edu Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3).
Zuanda, S., Fahrezi, D. W., Rised, G. F., & Syaifuddin, M. (2024). Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2).