IMPLEMENTASI METODE EVALUASI PORTOFOLIO PADA PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MATERI TEKS DRAMA BAGI SISWA DI DAERAH TERPENCIL RAJA AMPAT
DOI:
https://doi.org/10.34128/jht.v11i1.223Keywords:
evaluasi, pembelajaran berbasis proyek, portofolio, Raja Ampat, teks drama.Abstract
Raja Ampat adalah salah satu daerah di Papua yang memiliki kualitas pendidikan yang kurang baik. Situasi tersebut mendesak adanya inovasi dalam proses pembelajaran agar siswa di sana tetap memperoleh pembelajaran yang bermakna dan terpantau secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode evaluasi portofolio dalam pembelajaran berbasis proyek materi teks drama bagi siswa di daerah terpencil Raja Ampat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek 12 siswa kelas VII SMP CAP yang berada di Distrik Meos Mansar. Data dikumpulkan melalui observasi, analisis portofolio, dan dokumentasi hasil proyek. Pembelajaran dilaksanakan selama tujuh minggu, dengan tiga kali pertemuan setiap minggu, dan terdiri atas enam tahapan: pengenalan materi, pengembangan ide dan penulisan naskah, latihan peran dan ekspresi, persiapan properti, perekaman video, serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode evaluasi portofolio mampu meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan rasa tanggung jawab siswa selama proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih percaya diri saat tampil di depan kamera dan mampu bekerja sama dalam kelompok. Guru juga memperoleh kemudahan dalam melakukan evaluasi autentik karena setiap tahap pembelajaran terdokumentasi dengan baik. Metode evaluasi portofolio terbukti sesuai diterapkan dalam konteks sekolah terpencil, karena fleksibel, kontekstual, dan mendorong partisipasi aktif seluruh siswa. Dengan demikian, penerapan metode ini dapat menjadi strategi evaluasi alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis proyek di wilayah 3T, khususnya di Papua.
References
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). California: SAGE Publications.
Databoks. (2024). 757 Penduduk Raja Ampat Berpendidikan Tinggi pada Akhir 2024. https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/adc2828530452e7/757-penduduk-raja-ampat-berpendidikan-tinggi-pada-akhir-2024
Ekowati, S. H., & Andika, Y. (2023). Development of portfolio assessment prototypes for learning French writing class X high school students. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni, 24(2). https://doi.org/10.24036/komposisi.v24i2.119931
Fitriani & Arni. (2023). Pengembangan Model PBL (Project Based Learning) Berbasis Potensi Lokal dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama di SMA Negeri Kabupaten Kubu Raya. EDUKASIA Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 2477-2484. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.613
Haliq, A. & Sakaria. (2019). Authentic Assessment: Portfolio-Based Assessment in Literacy Learning in Indonesian Schools. Tamaddun, 18(2). https://doi.org/10.33096/tamaddun.v18i2.67
Hamsinah, B. (2017). Perencanaan Dan Pengembangan Sumberdaya terhadap Industri Pariwisata di Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Inovasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 3(1). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Inovasi/article/view/294
Kogoya, A., Waani, F.J., & Paat, C.J. (2024). Dampak Pendidikan terhadap Kualitas anak-anak Pedalaman di Kampung Mundidok Distrik Gome Utara Kabupaten Puncak Provinsi Papua.
Kumayani, W. (2022). Project Based Learning (PBL) in English Drama Course: The Process and Its Impact on Students’ Speaking Skill. Linguistics and English Language Teaching Journal, 10(2). https://doi.org/10.31764/leltj.v10i2.11842
Ma'arif, A. S., Abdullah, F., Siti Fatimah, A., & Nurul Hidayati, A. (2021). Portfolio-Based Assessment in English Language Learning: Highlighting the Students’ Perceptions. J-SHMIC : Journal of English for Academic, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.25299/jshmic.2021.vol8(1).6327
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27-38.
Meinawati, E., Rahayu, R., Yunita, W., Chodidjah, C., & Hermawan, E. (2024). Improving Students’ English-Speaking Skills Through Project Video: English. Journal of English Development, 4(2), 523–533. https://doi.org/10.25217/jed.v4i02.4872
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). California: SAGE Publications.
Mislaini, Zulkeni, & Mirawati. (2024). Strategi Penerapan Portofolio dalam Meningkatkan Evaluasi Pembelajaran PAI di SD Negeri 010 Langgam. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 1(2), 567–572. https://journal.makwafoundation.org/index.php/eduspirit/article/view/974
Nugroho, W.F. & Anugerahwati, M. (2019). Project-Based Learning: Enhancing EFL Students’ Speaking Skill through Vlog. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(8). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12679
Putri, J., Agnesa, O.S., Satir, M. (2024). Mengembangkan Keterampilan Literasi Dasar Dengan Kebun Huruf. Al-Khidmah: Jurnal Pengabdian dan Pendampingan Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.47945/al-khidmah.v4i2.1582
Qibtiah, M., & Ulimaz, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X3 SMA PGRI 6 Banjarmasin Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Perubahan Lingkungan.
Safwan. (2023). Akademisi UNIPA Dapati Siswa di Raja Ampat Tak Bersekolah, Guru Tidak Ada di Tempat. Diakses dari https://sorong.tribunnews.com/2023/12/14/akademisi-unipa-dapati-siswa-di-raja-ampat-tak-bersekolah-guru-tidak-ada-di-tempat
Sirisrimangkorn, L. (2018). The Use of Project-based Learning Focusing on Drama to Promote Speaking Skills of EFL Learners. Advances in Language and Literary Studies, 9(6). http://dx.doi.org/10.7575/aiac.alls.v.9n.6p.14
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surat Kabar Tifa Papua. (2022). Guru Mangkir Laksanakan Tugas, Siswa SD Inpres 12 Kapadiri Terlantar. Diakses dari https://tifapapua.net/guru-mangkir-laksanakan-tugassiswa-sd-inpres-12-kapadiri-terlantar/
Sylviaty, E., Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar kognitif produk siswa pada materi Biologi ciri-ciri makhluk hidup Kelas VII SMPN 3 Banjarbaru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1).
Taliak, J., Al Farisi, T., Sinta, R. A., Aziz, A., & Fauziyah, N. L. (2024). Evaluasi Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa. Journal of Education Research, 5(1), 583–589. https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.876
Ulimaz, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem.
Ulimaz, A. (2016). The Potential Recycling of Plastic Waste in North Banjarbaru District. In International Conference on Natural, Mathematical and Environmental Sciences (NAMES) (pp. 139-142).
Ulimaz, A., Hasdiana, H., & Mu'ammaroh, N. L. R. (2025). Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh dan Online: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 242-252.
UNICEF. (2024). Teacher Absenteeism in Papua and West Papua. Research Brief. Jakarta: Indonesia.
Utami, R.N., Rahmawati, A.P., Majid, F., & Inayati, N.L.. (2024). Implementasi Evaluasi Portofolio Dalam Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Surakarta. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 244–258. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v2i1.828
Wardani, P., Nurjati, N. ., & Syahria, N. . (2025). The Role of E-Portfolio Assessment in Students’ Reflection for Enhancing EFL Learners’ Outcome. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(4), 1767–1775. https://doi.org/10.59141/japendi.v6i4.7397
Wicaksono, S. R., Mustapa, K., & Rusmawati, R. D. (2023). Evaluasi dalam Project Based Learning. Malang: CV Seribu Bintang.
Widiyastuti, D. A., Nurtamara, L., & Ulimaz, A. (2024). Analisis kesadaran dan literasi lingkungan pada mahasiswa pendidikan biologi. Journal on Education, 6(4), 18987-18997.