ANALISIS MINAT ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR VOCABULARY DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE TRANSLATE(NATIVE SOUNDS) (STUDI KASUS PADA PAUD)

Authors

  • Wan Yuliyanti

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v1i1.10

Keywords:

minat, anak usia dini, vocabulary-scope, audio-visual

Abstract

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang penulis laksanakan di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan berjudul: “PELATIHAN PEMANFAATAN INTERNET GOOGLE TRANSLATE DALAM MENCARI NATIVE SOUNDS SEBAGAI MEDIA PENGAJARAN AUDIO-VISUAL VOCABULARY UNTUK GURU PAUDâ€.
Penulis meyakini bahwa media ini dapat meningkatkan minat anak usia dini dalam belajar Bahasa Inggris dimulai dari mengenal vocabulary, terutama bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil di salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan.
Selain mudah dibuat, media ini sangat membantu para guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan Bahasa Inggris, sehingga lebih percaya diri dalam mengajarkan vocabulary kepada anak usia dini. Media ini tidak hanya mengandung unsur visual berupa gambar-gambar dengan bentuk dan warna yang indah, namun juga mengandung unsur audio (native sounds) sehingga sangat menarik bagi anak usia dini yang belum diajarkan baca-tulis dan berhitung.
Tinggi rendahnya minat anak dapat melalui penilaian yang memiliki indikator penilaian melalui tahapan: (1)pre-test, (2)pengajaran dan (3)post-test, dengan category hasil belajar: Fair, Good, Very Good atau Excellent dengan scoring persentase (%).
Materi yang diberikan dan diukur adalah berdasarkan scope, antara lain: color, shape, fruit, vegetable, animal, transportation, dan numbers up to twenty yang diberikan secara berulang melalui slideshow.

Downloads

Published

2016-06-28

How to Cite

Yuliyanti, W. (2016). ANALISIS MINAT ANAK USIA DINI DALAM BELAJAR VOCABULARY DENGAN MEMANFAATKAN GOOGLE TRANSLATE(NATIVE SOUNDS) (STUDI KASUS PADA PAUD). Jurnal Humaniora Teknologi, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.34128/jht.v1i1.10

Issue

Section

Articles