HARMONI MANUSIA–AI: PERSPEKTIF HEIDEGGER TENTANG KODRAT AI DAN DAMPAK POSITIFNYA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA

Authors

  • Tito Pranoto Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang
  • Armada Riyanto Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang
  • Mathias Jebaru Adon Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v10i1.149

Keywords:

AI, Filosofi Heidegger, Harmoni Manusia-AI, Kodrat AI dan Perspektif Heidegger

Abstract

Kecerdasan buatan (AI) memungkinkan mesin belajar dari pengalaman, menyesuaikan diri dengan masukan baru, dan melakukan tugas seperti manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak perkembangan kecerdasan buatan (AI) terhadap hubungan antara manusia dan teknologi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami secara mendalam kodrat AI, khususnya dalam konteks pandangan filsafat Martin Heidegger, serta untuk mengidentifikasi dampak positif dan negatifnya dalam kehidupan manusia. Metode penelitian yang diterapkan dalam studi ini adalah deskriptif kualitatif dan studi literatur. Pendekatan deskriptif digunakan untuk menggambarkan fenomena hubungan manusia–AI, sementara pendekatan kualitatif mengeksplorasi secara mendalam pemikiran Heidegger tentang teknologi dan eksistensi manusia. Studi literatur dilakukan dengan merinci konsep–konsep Heidegger yang relevan dan kajian terkini tentang perkembangan AI. Penelitian ini menemukan bahwa manusia memiliki peran penting dalam membentuk kodrat AI. Kebijakan pembuat keputusan selama pengembangan AI akan menentukan bagaimana AI digunakan. Kemudian, AI dapat digunakan untuk menciptakan harmoni antara manusia dan teknologi. AI dapat membantu manusia melakukan pekerjaan dengan lebih efisien dan kreatif. Yang terakhir, AI juga dapat memiliki dampak eksistensial pada manusia. AI dapat membuat manusia merasa tergantikan atau kehilangan identitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa perspektif Heidegger dapat membantu kita mengembangkan AI secara positif. Dengan memahami kodrat dan etika AI, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih baik untuk kehidupan manusia.

References

Adon, M. (2021)a. New Normal Sebagai Politik Bonum Commune Di Masa Pandemi. Jurnal Budaya Nusantara, 4(2), 231-241.

Adon, M. J. (2021)b. Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan yang Melayani. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 100-114.

Aiman, G. (2022). Pemikiran Martin Heidegger Tentang Eksistensialisme dan Pengejawantahan Metodologinya Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(2), 246-254.

Aprianto, G. SISTEM SOSIAL, KULTURAL, DAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA (SOCIAL, CULTURAL, AND PERSONALITY SYSTEM IN THE EDENSOR NOVEL BY ANDREA HIRATA). JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA, 12(2), 252-263.

Benhamou, S. (2020). Artificial intelligence and the future of work. Revue d'économie industrielle, (169), 57-88.

Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853-6861.

Drianus, O. (2018). Manusia di Era Kebudayaan Digital: Interpretasi Ontologis Martin Heidegger. MAWA IZH JURNAL DAKWAH DAN PENGEMBANGAN SOSIAL KEMANUSIAAN, 9(2), 178-199.

Floridi, L., & Cowls, J. (2022). A unified framework of five principles for AI in society. Machine learning and the city: Applications in architecture and urban design, 535-545.

Heidegger, M., Macquarrie, J., & Robinson, E. (1962). Being and Time Basil Blackwell.

Heidegger, M. (1977). The question concerning technology. New York, 214.

Kompas Cyber Media. (2023a, May 6). Saat AI “Berkembang Menakutkan”, Apa yang Harus Dilakukan Negara? KOMPAS.com. https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/06/142714165/saat-ai-berkembang-menakutkan-apa-yang-harus-dilakukan-negara

Kompas Cyber Media. (2023b, May 17). Perkembangan “Artificial Intelligence” ibarat Pisau Bermata Dua. KOMPAS.com. https://money.kompas.com/read/2023/05/17/123500026/perkembangan-artificial-intelligence-ibarat-pisau-bermata-dua

Lim, F. (2008). Filsafat Teknologi, Don Ihde Ttg Manusia & Alat. Kanisius.

Lolang, E., Salsabyla, F., Suhud, A., Oktiawati, U. Y., & Ulimaz, A. (2023). BEBAN KOGNITIF: EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD (ECL) SISWA YANG DIPENGARUHI OLEH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 184-191.

Mittelstadt, B. (2017). Ethics of the health-related internet of things: a narrative review. Ethics and Information Technology, 19(3), 157-175.

Muarif, J. A., Jihad, F. A., Alfadli, M. I., & Setiabudi, D. I. (2022). Hubungan Perkembangan Teknologi AI Terhadap Pembelajaran Mahasiswa. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 117-127.

Nefianthi, R., & Ulimaz, A. (2017, May). Students' Science Generic Skills Using KNoS-KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228-232). Atlantis Press.

Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2020). Aktivitas Dan Respon Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 25 Banjarmasin Terhadap Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM research trends from 2013 to 2022: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education (IJTE), 6(2), 224-237.

Pangkey, F. M., Furkan, L. M., & Herman, L. E. (2019). Pengaruh Artificial Intelligence dan Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Magister Manajemen Unram Vol, 8(3), 21-25.

Ranti, S. (2023). Apa Itu Artificial Intelligence? Definisi, Jenis-jenis, dan Contoh Penerapannya.

Riyanto, A. (2001). FIDES ET RATIO Menggagas Pertautan Teologi dan Filsafat plus Implikasinya dalam terang Ensiklik Fides et Ratio. Studia Philosophica et Theologica, 1(1), 1-28.

Saediman, H., Gafaruddin, A. B. D. U. L., Hidrawati, H. I. D. R. A. W. A. T. I., Salam, I., Ulimaz, A., Rianse, I. S., ... & Taridala, S. A. A. (2021). The contribution of home food gardening program to household food security in Indonesia: A review. WSEAS Transactions on Environment and Development, 17(1), 795-809.

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(2), 615-628.

Ulimaz, A. (2016). The Potential Recycling of Plastic Waste in North Banjarbaru District. In International Conference on Natural, Mathematical and Environmental Sciences (NAMES) (pp. 139-142).

Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2019). Analysis of Household Waste Volume in North Banjarbaru District, Banjarbaru City. ESE International Journal (Environmental Science and Engineering), 2(2), 1-5.

Ulimaz, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(3).

Ulimaz, A. (2022). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Stasiun Loading Ramp dengan Metode HIRARC di PT. XYZ. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 268-279.

Setyo Wibowo, A. (2021). Heidegger Dan Bahaya Teknologi. Jaqfi: Jurnal Aqidah dan Filsafat Islam, 6(22), 221-242.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.

Wilson, H. J., & Daugherty, P. R. (2018). Collaborative intelligence: Humans and AI are joining forces. Harvard Business Review, 96(4), 114-123.

Wilson, H. J., & Daugherty, P. R. (2018). How Humans and ai are Working Together in 1,500 companies”. Harvard Business Review.

World Economic Forum, J. (2020). The future of jobs report 2020. Retrieved from Geneva.

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Pranoto, T., Riyanto, A., & Jebaru Adon, M. (2024). HARMONI MANUSIA–AI: PERSPEKTIF HEIDEGGER TENTANG KODRAT AI DAN DAMPAK POSITIFNYA DALAM KEHIDUPAN MANUSIA. urnal umaniora eknologi, 10(1), 1–14. https://doi.org/10.34128/jht.v10i1.149