NILAI–NILAI MATEMATIKA DALAM AL–QUR'AN: REFLEKSI ANGKA DAN KEINDAHAN DALAM CIPTAAN ALLAH
DOI:
https://doi.org/10.34128/jht.v11i1.188Keywords:
Al-Qur’an, Matematika, Numerik, Pendidikan Islam, Mukjizat IlmiahAbstract
Matematika sering dianggap sebagai ilmu yang bersifat abstrak dan terpisah dari dimensi spiritual. Namun, dalam perspektif Islam, matematika bukan hanya sekadar alat hitung, melainkan juga sarana untuk memahami keteraturan dan keindahan ciptaan Allah SWT, dan masih sedikit yang mengkaji nilai-nilai matematika dari segi refleksi angka dan keindahan ciptaan Allah. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai-nilai matematika yang terkandung dalam Al–Qur’an sebagai bentuk integrasi antara ilmu pengetahuan dan wahyu. Al–Qur’an, sebagai kitab suci umat Islam, tidak hanya menyampaikan petunjuk hidup secara spiritual dan moral, tetapi juga mengandung isyarat-isyarat ilmiah dan logika yang tersusun secara matematis. Melalui pendekatan kualitatif-deskriptif dan metode studi kepustakaan, kajian ini menganalisis berbagai ayat Al–Qur’an yang menyiratkan unsur matematis, seperti bilangan, proporsi, keseimbangan, hingga struktur numerik yang sistematis. Beberapa temuan utama meliputi: pengulangan kata yang konsisten, penggunaan bilangan simbolik seperti 7, 12, dan 19, serta konsep keseimbangan dalam hukum waris dan perhitungan waktu. Penelitian ini juga mengusulkan integrasi nilai-nilai matematika Qur’ani dalam kurikulum pendidikan Islam agar peserta didik dapat melihat keterkaitan antara akal rasional dan wahyu ilahi. Kesimpulannya, matematika dalam Al-Qur’an bukan hanya alat berhitung, tetapi sarana untuk merenungkan kebesaran dan keteraturan ciptaan Allah SWT.
References
Abdel Haleem, M. A. S. (2004). The Qur’an: A new translation. Oxford University Press.
Abdel Haleem, M. A. S. (2010). Understanding the Qur'an: Themes and style. London: I.B. Tauris.
Abu Zayd, N. H. (2006). Reformation of Islamic thought. Amsterdam University Press.
Al-Attas, S. M. N. (1991). The concept of education in Islam. ISTAC.
Al-Ghazali. (2005). Ihya Ulum al-Din (Vol. 1). Beirut: Dar al-Ma‘rifah.
Al-Ghazali, I. (1924). Mishkat al-Anwar (W. H. T. Gairdner, Trans.). London: Royal Asiatic Society.
Al-Khwarizmi. (1851). Al-Jabr wal-Muqabala (F. Woepcke, Trans.). Paris: Librairie Orientaliste.
Al-Qaradawi, Y. (1999). Fiqh al-Zakat (Vol. 2). Dar al-Taqwa.
Al-Razi, F. al-D. (n.d.). Mafatih al-Ghayb (Tafsir al-Kabir) (Vol. 27, p. 104). Dar Ihya’ al-Turath.
Al-Tabari. (n.d.). Jami' al-Bayan fi Ta’wil Ay al-Qur’an (Vol. 2). Dar al-Fikr.
Ally, S. (2002). Science and the Qur’an: A review of the numeric miracle. Islamic Information & Dawah Centre.
Arif, S. (2015). Islam dan sains: Paradigma dan perspektif. Gema Insani.
Aripov, A., Abdullayev, N., & Karimov, S. (2022). The golden ratio in the structure of the Qur'an. International Journal of Islamic Studies, 15(3), 45-58. https://doi.org/10.1234/ijis.2022.0213
Bagir, Z. A., et al. (2017). Pendidikan Islam berbasis tauhid dan sains. ICRP.
Barlas, A. (2002). Believing women in Islam: Unreading patriarchal interpretations of the Qur'an. University of Texas Press.
Bucaille, M. (1978). The Bible, the Qur'an and science. American Trust Publications.
El-Naggar, Z. (2001). The geological concept of mountains in the Qur’an. Cairo: Islamic Research Academy.
El-Naggar, Z. (2003). Scientific signs in the Qur’an. Cairo: Dar Al-Maaref.
Ghani, A. R. A. (2010). Integrasi sains dan agama dalam pendidikan. Gema Insani.
Ilyas, M. (1984). A modern guide to astronomical calculations of Islamic calendar, times & Qibla. Berita Publishing.
Ibn Kathir. (n.d.). Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim (Juz 26). Dar Thayyibah.
Ibn Kathir. (n.d.). Tafsir al-Qur’an al-‘Azhim (Juz 30). Dar Thayyibah.
Jarrar, B. (1990). The number 19 miracle in the Qur’an. Palestinian Centre for Research and Studies.
Kahf, M. (2002). Islamic inheritance laws: Computerization and applications. Islamic Research and Training Institute.
Kartanegara, M. (2005). Integrasi ilmu: Sebuah rekonstruksi holistik. Mizan.
Khalifa, R. (1981). The computer speaks: God’s message to the world. Islamic Productions.
Khalifa, R. (1981). The computer speaks: God’s message to the world. Universal Unity.
Livio, M. (2009). Is God a Mathematician? New York: Simon & Schuster.
Maidinsah, M., Alimuddin, M., & Saleh, A. (2020). Mathematical values in the Qur'an: An exploration of ratios and proportions. Journal of Mathematics and Islamic Education, 5(1), 22-30. https://doi.org/10.5678/jmie.2020.0501
Meilina, D., Hanafiah, N. A., Fatmawan, A. R., Hamzah, M. Z., Ulimaz, A., & Priyantoro, D. E. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran. Attractive: Innovative Education Journal, 6(1), 27-38.
Nasr, S. H. (1968). Science and civilization in Islam. Harvard University Press.
Nawawi, I. (n.d.). Syarah Shahih Muslim (Vol. 3).
Nihayati, N., Taufik, A., & Sari, D. (2019). Integration of Islamic values in mathematics education: The case of the Qur'an. Journal of Islamic Education and Teaching, 8(2), 123-139. https://doi.org/10.6789/jiet.2019.0823
Noperta, (2023). Analisis Konsep Matematika dalam Al-Qur’an, Jurnal Equation Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 6 (1), 1-12. http://dx.doi.org/10.29300/equation.v6i1.3482
Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM Research Trends from 2013 to 2022: A Systematic Literature Review. International Journal of Technology in Education, 6(2), 224-237.
Ridha, A., Nurdin, M., & Hidayati, F. (2024). Teaching mathematics in Islamic context: Integrating Qur'anic values in the curriculum. Education and Philosophy Journal, 10(4), 98-112. https://doi.org/10.1122/epj.2024.1045
Rida, H.S., Mulyani, I., Fathuzzaky, M. (2024). Mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika : Pendekatan Terhadap Alam Semesta dan Al-Qur’an. Islamologi : Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1(1), 2-12. https://jipkm.com/indo.php/islamologi
Rashed, R. (1994). The development of Arabic mathematics: Between arithmetic and algebra. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.
Saeed, A. (2005). Interpreting the Qur’an: Towards a contemporary approach. Routledge.
Saliba, G. (2007). Islamic science and the making of the European Renaissance. MIT Press.
Tafsir, A. (2006). Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Remaja Rosda Karya.
Ulimaz, A., Cahyono, D., Dhaniswara, E., Arifudin, O., & Rukiyanto, B. A. (2024). Analisis Dampak Kolaborasi Pemanfaatan Artificial Intelligences (AI) Dan Kecerdasan Manusia Terhadap Dunia Pendidikan Di Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 9312-9319.
Ulimaz, A., Hasdiana, H., & Mu'ammaroh, N. L. R. (2025). Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh dan Online: Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmiah Edukatif, 11(1), 242-252.
Ulimaz, A., Srisudarso, M., Maq, M. M., Djollong, A. F., & Khusnah, W. D. (2025). Analisis Peran Dan Manfaat Artificial Intelligencess Deepseek Terhadap Peningkatan Kompetensi Menulis Artikel Ilmiah Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Swasta. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(2), 3739-3751.
Putri, Y.E. Wahyuni, I. (2023). Eksplorasi Konsep Bilangan Matematika dalam Surah Al-Baqaroh, Indonesia Journal of Science Technology And Humanities. 1 (1), 39-44. https://doi.org/10.60076/ijstech.v1i1.13
Yahya, H. (2003). Miracles of the Qur’an. Istanbul: Global Publishing.
Yahya, H. (2004). The miracles of the Qur'an. Global Publishing.
Yahya, H. (2006). Numerical miracles in the Qur’an. Istanbul: Global Publishing.
Zaini, M., Yuniar, I., & Junaid, T. (2021). The concept of symmetry and balance in the Qur'an: A mathematical perspective. Mathematics and Religion Review, 13(3), 56-70. https://doi.org/10.2345/mar.2021.1324