ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH AYAH DALAM NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE

Authors

  • Sofia Rahmasari Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Jelita Qeren Essing Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Eva Dwi Kurniawan Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v9i2.144

Keywords:

Karakter, Kepribadian, Psikologi Sastra

Abstract

Perkembangan karakter dan kepribadian individu seseorang hanya dapat dilakukan dalam lingkungan sosial dan budaya yang bersangkutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kepribadian dari tokoh Ayah. Objek material yang digunakan berupa novel yang berjudul Ayahku (Bukan) Pembohong karya Tere Liye dengan pendekatan analisis psikologi sastra. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup kata–kata, ungkapan, kalimat atau paragraf yang menggambarkan peristiwa–peristiwa yang memicu timbulnya sifat kepribadian pada karakter dalam cerita. Temuan yang diperoleh berupa adanya tiga jenis komponen sentral meliputi, (1) kecenderungan dasar, (2) karakteristik adaptasi, dan (3) konsep diri. Studi tersebut bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis kompleksitas sikap dan sifat yang muncul dalam tokoh novel tersebut agar dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana karakter dalam cerita mengalami perubahan sifat sepanjang cerita. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa cerita–cerita dari karakter tokoh ayah merupakan cerita sungguhan dan karakter kepribadian tokoh Ayah memiliki kestabilan yang konsisten.

References

Ahmadi, A. (2015). Psikologi sastra. Penerbit Unesa University Press.

Aprianto, G. Sistem Sosial, Kultural, dan Kepribadian dalam Novel Edensor Karya Andrea Hirata.

Aprianto, G. SISTEM SOSIAL, KULTURAL, DAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA (SOCIAL, CULTURAL, AND PERSONALITY SYSTEM IN THE EDENSOR NOVEL BY ANDREA HIRATA). JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA, 12(2), 252-263.

Costa, P. T., & McCrae, R. R. (1999). A five-factor theory of personality. The five-factor model of personality: Theoretical perspectives, 2, 51-87.

Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori kepribadian. Jakarta: Salemba Humanika, 31(5).

Ja'far, S. (2015). Struktur Kepribadian Manusia Perspektif Psikologi Filsafat. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2).

John, O. P., & Srivastava, S. (1999). The Big-Five trait taxonomy: History, measurement, and theoretical perspectives.

John, O. P., Naumann, L. P., & Soto, C. J. (2008). Paradigm shift to the integrative big five trait taxonomy. Handbook of personality: Theory and research, 3(2), 114-158.

Kaelan, H. (2012). Metode penelitian kualitatif interdisipliner. Yogyakarta: Paradigma.

Liye, T. (2011). Ayahku (bukan) pembohong. PT Gramedia Pustaka Utama.

Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM research trends from 2013 to 2022: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education (IJTE), 6(2), 224-237.

Omeri, N. (2015). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(3).

Qiwarunnisa, Q., & Mulyono, M. (2018). Simbolisme hujan dalam novel hujan karya tere liye. Jurnal Sastra Indonesia, 7(3), 155-164.

Saediman, H., Gafaruddin, A. B. D. U. L., Hidrawati, H. I. D. R. A. W. A. T. I., Salam, I., Ulimaz, A., Rianse, I. S., ... & Taridala, S. A. A. (2021). The contribution of home food gardening program to household food security in Indonesia: A review. WSEAS Transactions on Environment and Development, 17(1), 795-809.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suhermanto, S. (2017). AMBIVALENSI PERILAKU MAHASISWA SANTRI DALAM ERA GLOBALISASI. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 4(2).

Ulimaz, A. (2016). The Potential Recycling of Plastic Waste in North Banjarbaru District. In International Conference on Natural, Mathematical and Environmental Sciences (NAMES) (pp. 139-142).

Ulimaz, A. (2019). Hasil belajar mahasiswa prodi DIII agroindustri pada materi parameter limbah cair menggunakan media pembelajaran kahoot. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4).

Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2019). Analysis of Household Waste Volume in North Banjarbaru District, Banjarbaru City. ESE International Journal (Environmental Science and Engineering), 2(2), 1-5.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.

Yani, J. A., Mangkunegara, A. A. A. P., & Aditama, R. (1995). Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta. Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research and Treatment. New York: Plenum Press, Yudistira P, Chandra, Diktat Ku.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Rahmasari, S., Essing, J. Q. ., & Kurniawan, E. D. . (2023). ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH AYAH DALAM NOVEL AYAHKU BUKAN PEMBOHONG KARYA TERE LIYE. Jurnal Humaniora Teknologi, 9(2), 43–51. https://doi.org/10.34128/jht.v9i2.144