Komunitas “Angkring Sinau” sebagai Solusi Penanaman Literasi dan Pelanggengan Budaya di Tengah Pandemi COVID-19

Authors

  • Sugeng Santoso Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yayang Ristiana Putri Universitas Islam Balitar
  • Sulik Sofinda Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.206

Keywords:

budaya lokal, COVID-19, komunitas belajar, literasi.

Abstract

Pandemi COVID-19 membawa dampak besar terhadap sistem pendidikan di Indonesia, terutama di wilayah pedesaan yang memiliki keterbatasan akses teknologi dan sumber belajar. Keterbatasan akan akses teknologi dan sumber belajar akan menyebabkan rendahnya literasi dan sulitnya pembentukan karakter dalam melestarikan budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunitas Angkring Sinau sebagai solusi alternatif dalam menanamkan literasi, membentuk karakter, dan melestarikan budaya lokal di tengah kebijakan pembelajaran daring. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Angkring Sinau berhasil mengembangkan ekosistem pembelajaran berbasis kearifan lokal dengan memanfaatkan pos ronda sebagai ruang belajar. Kegiatan seperti membaca dongeng Nusantara, mewarnai tema budaya, menyanyikan lagu daerah, dan permainan tradisional mampu menumbuhkan minat literasi dan rasa cinta tanah air. Selain itu, kegiatan seperti Angkring Sinau Mencari Bakat dan Festival Anak Negeri berperan dalam memperluas jangkauan pendidikan berbasis budaya secara nasional. Dengan demikian, komunitas Angkring Sinau terbukti menjadi model pendidikan nonformal yang efektif dan berkelanjutan, sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s) nomor 4 tentang pendidikan berkualitas.

References

Abidin, N.R.Z. (2020). Literasi Membaca sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggungjawab). Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Adedoyin, O. B., & Soykan, E. (2020). COVID-19 pandemic and online learning: The challenges and opportunities. Interactive Learning Environments, 2, 863-875. https://doi.org/10.1080/10494820.2020.1813180

Adi, B.S., Sudaryanti, & Muthmainah, M. (2020). Implementasi permainan tradisional dalam pembelajaran anak usia dini sebagai pembentuk karakter bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 33–39. https://doi.org/10.21831/jpa.v9i1.31375

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Astuti, F. (2009). Efektivitas Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kreativitas Verbal pada Masa Anak Sekolah. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Aulia Azzahra, H. . (2021). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 21(1), 33–38. https://doi.org/10.33830/ptjj.v21i1.1553.2020

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). California: Sage Publications.

Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853-6861.

Fadhilah, K. H. (2020). Indonesia Kaya, 4 Manfaat Mengenal Lagu Daerah. Diakses dari portalsurabaya.pikiran-rakyat.com/lifestyle/pr-22678861/indonesia-kaya-4-manfaat-mengenal-lagu-daerah.

Gestiardi, S., Sarwanto, Chumdari, & Maryani. (2021). Using a Technology Readiness Model to Understand Perceived Usefulness of Learning in the COVID-19 Era. International Journal of Elementary Education, 5(4). https://doi.org/10.21009/10.23887/ijee.v5i4.39188

Herliandry, L D., Nurhasanah, N., Suban , M.E. ., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hidayat, W. A., dkk. (2019). Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepalang Dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. Jurnal Ilmu Budaya, 3(4). http://dx.doi.org/10.30872/jbssb.v3i4.2383

Irianto, P.O. & Febrianti, L.Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).

Istiamin, N. (2020). Penggunaan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIII UPT SMP Negeri 3 Ponggok. Dharmas Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.56667/dejournal.v1i2.145

Khasanah, U. & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 12 Januari 2019.

Krisiandi. (2017). Mendikbud: Budaya Bagian Penting dari Pembangunan Berkelanjutan. Diakses dari nasional.lompas.com/read/2017/05/02/16592451/mendikbud.budaya.bagian.penting.dari.pembangunan.berkelanjutan

Kusmayadi, dkk. (2017). Pengembangan Multimedia Cerita Rakyat sebagai Penumbuhan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(7). https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i7.9630

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). California: Sage Publications.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2018). Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: UGM Press.

Nurgiyantoro, B. (2005). Sastra anak di usia awal dan literasi. Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 12(1). https://doi.org/10.21831/diksi.v12i1.7003

Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods (4th ed.). California: Sage Publications.

Puspitasari, F.B. & Herdiati, D. (2020). Pendidikan Karakter Melalui Lagu di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Musik, 1(2).

Rojaki. (2021). Penguatan Literasi di Tengah Kemelut Covid (Refleksi Setahun Pandemi COVID-19). Diakses dari https://www.sman2sekayu.sch.id/penguatan-literasi-di-tengah-kemelut-covid-refleksi-setahun-pandemi-COVID-19.html.

Satgas Penganan COVID-19. (2021). Peta Persebaran. Diakses dari www.COVID-19.go.id/peta-persebaran

Sibarani, R. (2018). Kearifan lokal: Hakikat, peran, dan metode tradisi lisan. Jakarta: Asosiasi Tradisi Lisan.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Daring Nasional: Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, 21 Oktober 2020.

Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21-26.

Wartini, A. (2015). Pendidikan Multikultural Berbasis Karakter Keindonesiaan pada PAUD Upaya Integrasi Ilmu Keislaman dan Karakter Kebudayaan Indonesia (Studi Kasus di Sanggar Anak Alam Yogyakarta). Jurnal Toleransi, 7(1). https://doi.org/10.24014/trs.v7i1.1420

Wenger, E. (1998). Communities of Practice: Learning, Meaning, and Identity. Cambridge: Cambridge University Press.

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.

Yanuarita, H. A., & Haryati, S. (2021). Pengaruh COVID-19 terhadap Kondisi Sosial Budaya di Kota Malang dan Konsep Strategis dalam Penanganannya. Jurnal Widya Sosiopolitika, 2(2). https://doi.org/10.24843/JIWSP.2020.v02.i02.p01

Downloads

Published

2022-05-15

How to Cite

Santoso, S., Putri, Y. R., & Sofinda, S. (2022). Komunitas “Angkring Sinau” sebagai Solusi Penanaman Literasi dan Pelanggengan Budaya di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Humaniora Teknologi, 8(1), 39–49. https://doi.org/10.34128/jht.v8i1.206

Similar Articles

<< < 1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.