REFLEKSI FILOSOFIS TERHADAP KEBERPIHAKAN PRIBADI PADA SESAMA YANG LEMAH DALAM TERANG METAFISIKA

Authors

  • Stefanus Rohid Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang
  • F.X. Eko Armada Riyanto Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Widya Sasana Malang

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v10i1.146

Keywords:

manusia, metafisika, persahabatan, pribadi, sesama

Abstract

Hubungan pribadi dengan sesama merupakan aspek esensial yang menunjukkan jati diri manusia sebagai makhluk sosial. Dalam konteks ini pribadi dan sesama memiliki kedudukan yang setara. Namun dalam realita yang terjadi, pribadi kerap kali menjadi sosok yang mendominasi sesama. Penelitian ini berfokus pada keberpihakan pribadi pada sesama yang lemah dalam terang metafisika. Metafisika adalah filsafat yang berusaha melihat segala sesuatu, termasuk manusia dalam keseluruhannya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menampilkan aspek–aspek metafisis yang menunjukkan pentingnya keberpihakan pribadi pada sesama. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan alasan–alasan metafisis yang merujuk pada kesetaraan sesama dan pribadi. Metode penulisan yang digunakan dalam artikel ini adalah studi pustaka yang menjelaskan filsafat mengada, filsafat fenomenologi, dan aspek–aspek yang memicu perbedaan antara pribadi dan sesama. Pribadi dan sesama adalah manusia yang mengalami proses mengada melalui kehidupan sehari–hari. Dari semula pribadi dan sesama pada dasarnya tidak bisa memilih bentuk kehidupan sebagaimana yang diinginkannya. Sebagai konsekuwensi dari hal ini sesama cenderung memanfaatkan oleh pribadi sebagai sarana untuk memenuhi kepentingannya. Hal ini tentu bertolakbelakang dari pemikiran filsafat yang menyatakan bahwa pribadi dan sesama sama–sama memiliki tanggung jawab satu sama lain. Hasil dari penelitian ini adalah refleksi filosofis tentang persahabatan sebagai bentuk keberpihakan pribadi pada sesama yang lemah. Persahabatan ini mendorong pribadi menjadi sosok yang memberi solusi, harapan dan arahan kepada sesama.

References

Adon, M. J. (2021)a. Mahasiswa sebagai Agent of Changes dalam Mewujudkan New Normal sebagai Politik Bonum Commune di Masa Pandemi dalam Tinjauan Filsafat Politik Armada Riyanto. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 5(1), 23-33.

Adon, M. J. (2021)b. Menumbuhkan Karakter Kepemimpinan yang Melayani. BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, 2(1), 100-114.

Adon, M. J. (2022). Menumbuhkan Semangat Pancasila Sebagai Dasar Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Sebagai Upaya Melawan Gerakan Populisme Di Indonesia. Publicio: Jurnal Ilmiah Politik, Kebijakan dan Sosial, 4(1), 51-63.

Adon, M. J., & Budi, A. S. (2021). Komunitas Kristiani sebagai Duta Kasih Allah di tengah Kebhinekaan Bangsa Indonesia. LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya, 4(2), 135-153.

Adon, M. J., Harjon, Y., & Sunardi, D. (2022). PENGARUH MEDIA MASSA TERHADAP KEBANGKITAN POPULISME, SOLUSI ALTERNATIF, DAN RELEVANSINYA BAGI FENOMENA POPULISME DI INDONESIA. JPPol: Jurnal Poros Politik, 4(2), 29-37.

Aliano, Y. A., & Riyanto, F. E. A. (2022). Pemulihan Martabat Manusia dalam Perspektif Metafisika Persahabatan. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 162-172.

Alrafi, F., & Mendrofa, J. F. (2017). Analisis Filosofis Otentisitas Dasein dalam Kajian Eksistensialisme Martin Heidegger. In International Young Scholars Symposium of Humanities and Arts (INUSHARTS 2017) (Vol. 2, No. 2, pp. 664-674).

Andhini¹, A. S. D., & Arifin, R. (2019). Analisis perlindungan hukum terhadap tindak kekerasan pada anak di Indonesia. Jurnal Ilmu Hukum, 3(1).

Anggraini, D. P., Sulistiana, D., Agustina, D. K., & Ulimaz, A. (2020). Determination of Kinetic Parameters and The Effect of Ion Mg2+ Inhibition Into Pectinase Activities. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 112-118.

Aprianto, G. SISTEM SOSIAL, KULTURAL, DAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA (SOCIAL, CULTURAL, AND PERSONALITY SYSTEM IN THE EDENSOR NOVEL BY ANDREA HIRATA). JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA, 12(2), 252-263.

Bakrie, C. R., Delanova, M. O., & Yani, Y. M. (2022). Pengaruh perang Rusia dan Ukraina terhadap perekonomian negara kawasan Asia Tenggara. Caraka Prabu: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 6(1), 65-86.

Chandra, H. (2021). Makna Hidup Menurut Filsafat Martin Heidegger dalam Terang Karl Rahner. Jurnal Filsafat Dan Teologi Katolik, 4(2), 29-39.

Cimi, S. S., & Tinambunan, E. R. (2023). Penegakan Hak-Hak Ekologis Masyarakat Setempat Sebagai Wujud Pengakuan Eksistensi Manusia Menurut Armada Riyanto. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1), 128-143.

Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853-6861.

Darmanto, I. A. S. (2021). Wajah Perempuan dalam Sastra Ramayana (Pendekatan Filsafat Relasionalitas Armada Riyanto terhadap Perempuan dan Liyan). Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, dan Sosial Budaya, 27(2), 41-52.

Doren, K. P. (2018). Konsep tanggung jawab emmanuel levinas dan implikasinya bagi keberagamaan indonesia. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 5(2), 154-154.

Doren, K. P. (2018). Konsep tanggung jawab emmanuel levinas dan implikasinya bagi keberagamaan indonesia. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 5(2), 154-154.

Hamas Adalah: Ketahui Sejarah, Tokoh, dan Kegiatannya. (t.t.). Diambil 11 Desember 2023, dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6994758/hamas-adalah-ketahui-sejarah-tokoh-dan-kegiatanny

Jauhari, A. (2016). Konsep Metafisika Emmanuel Levinas. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 2(1).

Jauhari, A. (2016). Konsep Metafisika Emmanuel Levinas. JURNAL YAQZHAN: Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan, 2(1).

Lolang, E., Salsabyla, F., Suhud, A., Oktiawati, U. Y., & Ulimaz, A. (2023). BEBAN KOGNITIF: EXTRANEOUS COGNITIVE LOAD (ECL) SISWA YANG DIPENGARUHI OLEH E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 14(2), 184-191.

Muliana, G. H., Indah, N. K., Hariri, M. R., Suanda, I. W., Darmayasa, I. B. G., Setiawan, A. B., ... & Erlyn, P. (2023). REMPAH DAN HERBAL DI PEKARANGAN RUMAH. Get Press Indonesia.

Nefianthi, R., & Ulimaz, A. (2017, May). Students' Science Generic Skills Using KNoS-KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228-232). Atlantis Press.

Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2020). Aktivitas Dan Respon Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 25 Banjarmasin Terhadap Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing.

Noris, M., Saputro, S., & Ulimaz, A. (2023). STEM research trends from 2013 to 2022: A systematic literature review. International Journal of Technology in Education (IJTE), 6(2), 224-237.

Pasi, G. (2020). Relasionalitas “Aku” dan “Engkau” dalam Masyarakat Indonesia yang Majemuk Sebagai Gambaran dari Relasionalitas Trinitas. Studia Philosophica et Theologica, 20(2), 103-126.

Pono, M. R. (2018). MEMAHAMI MAKNA RELASI DAN KEBERADAAN MANUSIA DALAM FILM †œHER†Berdasarkan Perspektif Filsafat Fenomenologi Emmanuel Levinas. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(1), 39-56.

Riyanto, A. (2013). Menjadi Mencintai. Yogyakarta: Kanisius.

RIYANTO, F. E. A. (2017). Asal Usul “Liyan”. Seri Filsafat Teologi, 27(26), 71-89.

RIYANTO, F. E. A. (2020). Persahabatan merespon tanda-tanda zaman (analisis historiografis duc in altum kolaborasi stft widya sasana). Seri Filsafat Teologi, 30(29), 1-24.

Riyanto, A. (2021). Remah & Daun Kering Meditasi Spiritual-Teologis.

Saediman, H., Gafaruddin, A. B. D. U. L., Hidrawati, H. I. D. R. A. W. A. T. I., Salam, I., Ulimaz, A., Rianse, I. S., ... & Taridala, S. A. A. (2021). The contribution of home food gardening program to household food security in Indonesia: A review. WSEAS Transactions on Environment and Development, 17(1), 795-809.

Sarnoto, A. Z., Rahmawati, S. T., Ulimaz, A., Mahendika, D., & Prastawa, S. (2023). Analisis pengaruh model pembelajaran student center learning terhadap hasil belajar: studi literatur review. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 11(2), 615-628.

Sinaga, A. M., Riyanto, F. A., & Marianta, Y. I. W. (2023). KEADILAN DAN KESADARAN “AKU” DAN “LIYAN” DALAM PENEGAKAN HUKUM KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI DI INDONESIA: Tinjauan Relasionalitas-FX Armada Riyanto. Sanjiwani: Jurnal Filsafat, 14(2), 186-194.

Sobon, K. (2018). Konsep tanggung jawab dalam filsafat Emmanuel Levinas. Jurnal Filsafat, 28(1), 47-73.

Supriadi, S. (2015). Perkembangan Fenomenologi Pada Realitas Sosial Masyarakat Dalam Pandangan Edmund Husserl. Scriptura, 5(2), 52-61.

Syuryansyah, S., & Berthanila, R. (2022). Upaya Penyelesaian Konflik Rusia-Ukraina. Jurnal PIR: Power in International Relations, 7(1), 97-105.

Tan, P. (2023). Krisis Metafisika dan Filsafat Sebagai Tugas Berpikir: Perspektif Heidegger. Lumen Veritatis: Jurnal Filsafat dan Teologi, 14(2), 101-124.

Ulimaz, A. (2016). The Potential Recycling of Plastic Waste in North Banjarbaru District. In International Conference on Natural, Mathematical and Environmental Sciences (NAMES) (pp. 139-142).

Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2019). Analysis of Household Waste Volume in North Banjarbaru District, Banjarbaru City. ESE International Journal (Environmental Science and Engineering), 2(2), 1-5.

Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Order Thinking Skill Development of Student Worksheet ini Microorganism Nutrition Concept Based on High Order Thinking Skill.

Ulimaz, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(3).

Ulimaz, A. (2022). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Stasiun Loading Ramp dengan Metode HIRARC di PT. XYZ. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 268-279.

Ulimaz, A., Vertygo, S., Mulyani, Y. W. T., Suriani, H., Hariyanto, B., Muliana, G. H., & Azmi, Y. (2022). Anatomi Tumbuhan. Global Eksekutif Teknologi.

Ulimaz, A., & Yardani, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Konsep Pengetahuan Bahan Agroindustri dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(9), 1941-1950.

What is Hamas and why is it fighting with Israel in Gaza? (2023, Oktober 7). BBC News. https://www.bbc.com/news/world-middle-east-67039975

Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.

Wirajaya, A. C. (2020). Penyelesaian Sengketa Palestina dan Israel Menurut Hukum Internasional (Study Kasus Perampasan Wilayah Palestina di Israel). Lex Et Societatis, 8(4).

Downloads

Published

2024-05-01

How to Cite

Stefanus Rohid, & Riyanto, F. E. A. . (2024). REFLEKSI FILOSOFIS TERHADAP KEBERPIHAKAN PRIBADI PADA SESAMA YANG LEMAH DALAM TERANG METAFISIKA. urnal umaniora eknologi, 10(1), 15–29. https://doi.org/10.34128/jht.v10i1.146