PENGENDALIAN INTERN DALAM BERWIRAUSAHA PADA TOKO NABIL

Authors

  • Radna Nurmalina

DOI:

https://doi.org/10.34128/jht.v1i1.11

Keywords:

pengendalian intern, biaya operasional, anggaran

Abstract

Pengendalian merupakan proses untuk memeriksa kembali, menilai dan selalu memonitor laporan-laporan apakah pelaksanaanya tidak menyimpang dari tujuan yang telah ditetapkan, oleh karena itu adanya suatu langkah perbandingan antara hasil yang ditetapkan dalam perencanaan untuk mengetahui dan menilai prestasi masa lalu serta meletakan tanggung jawab jika ada penyimpangan yang terjadi, denagan demikian pelaksanaan akan lebih efektif dan efisien.
Pengendalian adalah wewenang untuk mengatur dan menentukan kebijakan keuangan dan operasi dari suatu kegiatan usaha dengan tujuan untuk mendapat manfaat dari kegiatan tersebut.
Pengendalian intern sangat diperlukan dalam berwirausaha sehingga pemilik usaha bisa mengendalikan biaya operasional untuk meningkatkan laba usahanya. Wirausahawan yang mengelola unit usaha perlu membuat anggaran yang realistis, khususnya yang berkaitan dengan pengendalian intern dan memperhatikan otorisasi pengeluaran biaya yang konsisten atau pengeluaran biaya yang sesuai dengan perencanaan.

Downloads

Published

2016-06-28

How to Cite

Nurmalina, R. (2016). PENGENDALIAN INTERN DALAM BERWIRAUSAHA PADA TOKO NABIL. Jurnal Humaniora Teknologi, 1(1), 14–23. https://doi.org/10.34128/jht.v1i1.11

Issue

Section

Articles