Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Project Based Learning

  • Tekad Budiantoro Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Mata kuliah bahasa Indonesia di perguruan tinggi merupakan salah satu dari kelompok mata kuliah Dasar Umum yang berfunsi sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian. Dari sini jelas bahwa maksud pemberian mata kuliah ini bukanlah menjadikan mahasiswa sebagai ahli bahasa yang menguasai berbagai teori dan seluk beluk kebahasaan, melainkan sebagai pribadi yang mampu menggunakan bahasa sebagai sarana komunikasi, menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar sesuai dengan situasi dan keperluan. Kegiatan perkuliahan Bahasa Indonesia dituntut untuk mengarah pada pencapaian maksud tersebut. Empat aspek kebahasaan seperti menyimak, berbicara, membaca, dan menulis harus mendapatkan sentuhan pembinaan secara simultan dan proporsional.

Penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) pada perkuliahan Bahasa Indonesia di perguruan tinggi, menjadikan aktivitas/kegiatan berbahasa mahasiswa sebagai wahana pemembinaan dan pengembangan kemampuan kebahasaan mahasiswa. 

Penelitian ini bersifat Action Researsc yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas hasil perkuliahan, yag dilakukan oleh dosen dalam pengelolaan pembelajarannya di ruang kuliah. Penelitian dilakukan melalui perubahan strategi perkuliahan dalam siklus-siklus kegiatan.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kualitas hasil perkuliahan yang ditunjukkan dengan adanya perubahan rata-rata skor nilai dari siklus satu ke siklus berikutnya.

Published
2019-06-25
How to Cite
Budiantoro, T. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia melalui Model Pembelajaran Project Based Learning. Jurnal Humaniora Teknologi, 5(1), 41-46. https://doi.org/10.34128/jht.v5i1.50