Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut

  • Herfia Rhomadhona Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstract

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu instansi yang telah menerapkan sistem terkomputerisasi baik dari segi pengarsipan dokumen, keuangan dan aset kecuali absensi pegawai. Pengambilan data kehadiran (absensi) dilakukan secara manual dengan tanda tangan pada buku absen. Rekapitulasi kehadiran dan pelaporan absensi pegawai juga dilakukan secara manual. Selain itu, kelemahan dari absensi manual dapat menyebabkan terjadi kecurangan yang mungkin dilakukan antar pegawai seperti titip absen. Penelitian ini menggunakan teknologi QR Code berbasis web untuk mengatasi masalah absensi tersebut. QR Code merupakan kode yang mampu menyimpan dan memberikan data dengan respon yang cepat, dimana  data tersebut disimpan dalam database melalui sebuah web. Metode pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall dengan tahapan analisis kebutuhan, perancangan dengan DFD, pengimplementasian menggunakan bahasa pemograman PHP (Hypertext Prepocessor) dan database MySQL. Dengan adanya sistem ini dapat memberikan solusi agar memudahkan pegawai dalam mengelola absen, sehingga mampu meningkatkan kualitas kinerja pegawai serta dapat menghitung rekapitulasi absensi secara akurat.

References

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. 2016. Renstra

Mulyandi, R., & Dini, C. A. W. (2014). Aplikasi Absensi Pegawai Kecamatan Batuceper Tangerang Dalam Meningkatkan Akurasi Informasi. CCIT Journal, 7(2), 269-279.

Nugraha, M. P., & Munir, R. (2011). Pengembangan Aplikasi QR Code Generator dan QR Code Reader dari Data Berbentuk Image. In Informatics National Conference (pp. 148-149).

Rahardja, U., Sholeh, O., & Nursetianingsih, F. (2015). Penggunaan Dashboard untuk Mengontrol Kinerja Absensi Pegawai Guna Meningkatkan Profesionalisme Pegawai pada PT. Sinarmas Land property. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1).

Shalahuddin, M. dan Rosa A. S. 2013. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: PENERBIT INFORMATIKA.

Sari, C. F. A., & Yulianto, L. (2013, March). Perancangan sistem informasi absensi menggunakan finger print di badan perencanaan pembangunan daerah dan penanaman modal kabupaten pacitan. In Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Inoformatika dan Komputer (Vol. 2, No. 1).

Published
2018-12-30
How to Cite
Rhomadhona, H. (2018). Penerapan Teknologi QR Code Berbasis Web untuk Absensi Pegawai pada BKPSDM Kabupaten Tanah Laut. Jurnal Humaniora Teknologi, 4(1). Retrieved from http://jht.politala.ac.id/index.php/jht/article/view/38