Analisis Trend Metode Angka Indeks pada Laporan Laba Rugi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk Periode 2019-2021
DOI:
https://doi.org/10.34128/jht.v8i2.111Keywords:
Analisis Laporan Keuangan, Analisis Trend, Laporan Laba Rugi, Metode Angka IndeksAbstract
Meningkatnya pendapatan dari sektor industri barang konsumsi dengan sub-sektor farmasi di Indonesia pada era pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan laba usaha dan tendensi pada laporan laba rugi PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk periode 2019 hingga 2021, yakni pra-pandemi hingga puncak pandemi. Metode penelitian yang digunakan bersifat studi kasus dengan data yang disajikan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian berupa kondisi laporan laba rugi 2019–2021 mengalami peningkatan laba usaha yang sangat signifikan, terutama pada periode 2020–2021 yang merupakan tahun puncak dari mewabahnya virus Covid–19, hal ini bisa terjadi dikarenakan minat masyarakat Indonesia terhadap obat – obatan berbasis herbal.
References
Anggraini, D. P., Sulistiana, D., Agustina, D. K., & Ulimaz, A. (2020). Determination of Kinetic Parameters and The Effect of Ion Mg2+ Inhibition Into Pectinase Activities. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 112-118.
Aprianto, G. SISTEM SOSIAL, KULTURAL, DAN KEPRIBADIAN DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA (SOCIAL, CULTURAL, AND PERSONALITY SYSTEM IN THE EDENSOR NOVEL BY ANDREA HIRATA). JURNAL BAHASA, SASTRA DAN PEMBELAJARANNYA, 12(2), 252-263.
Budiman, R. (2017). Investing is Easy Teknik Analisa dan Strategi Investasi Saham untuk Pemula+ CD. Elex Media Komputindo.
Dacholfany, M. I., Fujiono, F., Safar, M., Hanayanti, C. S., & Ulimaz, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Pembelajaran Inspiratif Dan Bermakna di Era Teknologi Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 6853-6861.
Dewi, A. N., Ramdiah, S., & Lestari, N. C. (2021). ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN IPA DI SDN PULAU KARYA PADA MASA PANDEMI COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, dan Pendidikan Dasar (SENSASEDA) (Vol. 1, pp. 42-48).
Fitriyani, Y., & Karolina, K. (2021). Analisis Trend Laporan Laba Rugi Pada PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Periode 2017-2019 Menggunakan Metode Angka Indeks. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 1-6.
Harahap, S. S. (2011). Analisis kritis atas laporan keuangan.
Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Respon siswa kelas VII SMPN 3 Banjarbaru pada materi biologi melalui inkuiri terbimbing. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4), 163-169.
Kasmir, S. (2014). Analisis laporan keuangan (cetakan ke). PT Raja Grafindo Persada.
Kuswoyo, A., & Ulimaz, A. (2022). Pengaruh Jenis dan Ketebalan Karbon Aktif pada Sistem Constructed Wetlands untuk Pengolahan Limbah Cair Rumah Tangga. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 10(1), 173-181.
Monica, B. (2019). Analisis Laporan Keuangan Dengan Metode Trend Analysis Untuk Mengevaluasi Kinerja Keuangan Pada PT. PGN (Persero) Tbk Periode 2013-2017 (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).
Nefianthi, R., & Ulimaz, A. (2017, May). Students' Science Generic Skills Using KNoS-KGS Model in Biology Learning. In 5th SEA-DR (South East Asia Development Research) International Conference 2017 (SEADRIC 2017) (pp. 228-232). Atlantis Press.
Ni’mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2020). Aktivitas Dan Respon Siswa Kelas Vii C Smp Negeri 25 Banjarmasin Terhadap Penerapan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing.
Niarti, U. (2018). Analisis Perbandingan Laba-Rugi pada CV. Maju Jaya Abadi (MJA). Jurnal Ilmiah Raflesia Akuntansi, 4(2), 6-9.
Ni'mah, S., Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2018). Penerapan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep biologi siswa SMP di Banjarmasin Barat. Jurnal Biotek, 6(2), 120-130.
Novitasari, M. (2019). PENGARUH PERTUMBUHAN ASET TERHADAP PROFITABILITAS MELALUI STRUKTUR MODAL: Studi Kasus PT. Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Investasi, 5(2), 13-24.
Nurmalina, R., Suasri, E., & Munawaroh, W. (2021). Analisis Laporan Keuangan Pada PT. Akasha Wira Internatioal Tbk. Periode 2015-2019 Menggunakan Metode Angka Indeks. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 4(1), 51-57.
Qibtiah, M., & Ulimaz, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X3 SMA PGRI 6 Banjarmasin Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Perubahan Lingkungan. Jurnal Pendidikan Hayati, 2(3).
Rahmah, R., & Ulimaz, A. (2017). Hasil Belajar Siswa Kelas X3 SMAN 10 Banjarmasin pada Konsep Ekosistem dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri.
Saediman, H., Gafaruddin, A. B. D. U. L., Hidrawati, H. I. D. R. A. W. A. T. I., Salam, I., Ulimaz, A., Rianse, I. S., ... & Taridala, S. A. A. (2021). The contribution of home food gardening program to household food security in Indonesia: A review. WSEAS Transactions on Environment and Development, 17(1), 795-809.
Sari, T. N., & Dura, J. (2022). Analisis Perbedaan Tingkat Profitabilitas Sebelum dan Pasca Era New Normal Studi Pada Sektor Farmasi di BEI. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 16(2), 260-272.
Sukamulja, S. (2022). ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: sebagai DASAR PENGAMBILAN KEPUTUSAN INVESTASI (Edisi REVISI). Penerbit Andi.
Sylviaty, E., Hidayah, Y., & Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar kognitif produk siswa pada materi Biologi ciri-ciri makhluk hidup Kelas VII SMPN 3 Banjarbaru. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 13(1).
Ulimaz, A. (2015). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x pada konsep keanekaragaman hayati menggunakan model pembelajaran inkuiri. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 61-66.
Ulimaz, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem. Jurnal Pendidikan Hayati, 1(3).
Ulimaz, A. (2016). Penerapan Inkuiri Terbimbing Pada Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII A SMPN 3 Tanjung Dalam Konsep Ekosistem. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 96-100.
Ulimaz, A. (2016). The Potential Recycling of Plastic Waste in North Banjarbaru District. In International Conference on Natural, Mathematical and Environmental Sciences (NAMES) (pp. 139-142).
Ulimaz, A. (2018). Aktivitas Guru dalam Pembelajaran Menggunakan Inkuiri Terbimbing pada Materi Ekosistem di Kelas X-“E Man 2 Model Banjarmasin. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 205-217.
Ulimaz, A. (2018). Hasil Belajar Kognitif Proses Siswa Kelas X3 SMAN 10 Banjarmasin Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Keanekaragaman Hayati. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(2).
Ulimaz, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Produk Siswa Kelas VII. A SMPN 1 Angsana pada Konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup dalam Pelestarian Ekosistem Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share (TPS). Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 74-83.
Ulimaz, A. (2019). Hasil belajar mahasiswa prodi DIII agroindustri pada materi parameter limbah cair menggunakan media pembelajaran kahoot. Jurnal Pendidikan Hayati, 5(4).
Ulimaz, A. (2020). Keanekaragaman Jenis Ikan Rawa di Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(2), 219-228.
Ulimaz, A. (2020). KEMELIMPAHAN IKAN AIR TAWAR DI DESA SUNGAI BAKAR KECAMATAN BAJUIN KABUPATEN TANAH LAUT. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 8(1), 1-10.
Ulimaz, A. (2021). Ethanol Content of Fermented Jackfruit Skin (Artocarpus Haterophyllus Lmk) on Different Salt Levels. Nusantara Hasana Journal, 1(4), 1-6.
Ulimaz, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Teknologi Pengolahan Limbah. Jurnal Pendidikan Hayati, 7(3).
Ulimaz, A. (2021). Respon mahasiswa terhadap modul praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada pembelajaran daring mata kuliah teknologi pengolahan limbah. Jurnal Humaniora Teknologi, 7(1), 21-26.
Ulimaz, A. (2021). The The Effect Of Ethrel Solution In Ripening Process On The Quality Of Papaya Fruit (Carica Papaya L). Nusantara Hasana Journal, 1(2), 19-25.
Ulimaz, A. (2022). Analisis Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Stasiun Loading Ramp dengan Metode HIRARC di PT. XYZ. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, 1(3), 268-279.
Ulimaz, A. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Mata Kuliah Mikrobiologi Dasar di Perguruan Tinggi Berbasis Vokasi. Nusantara Hasana Journal, 2(1), 198-206.
Ulimaz, A., & Agustina, D. K. (2020, October). Respon Mahasiswa Vokasi Terhadap Pembelajaran Dengan Kahoot Pada Materi Parameter Limbah Cair. In SENASTER" Seminar Nasional Riset Teknologi Terapan" (Vol. 1, No. 1).
Ulimaz, A., & Lestari, N. C. (2019). Analysis of Household Waste Volume in North Banjarbaru District, Banjarbaru City. ESE International Journal (Environmental Science and Engineering), 2(2), 1-5.
Ulimaz, A., & Yardani, J. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Konsep Pengetahuan Bahan Agroindustri dengan Model Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 1(9), 1941-1950.
Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa pada Materi Nutrisi Mikroorganisme Berbasis High Order Thinking Skill. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 41-51.
Ulimaz, A., Agustina, D. K., Anggraini, D. P., & Sulistiana, D. (2020). Order Thinking Skill Development of Student Worksheet ini Microorganism Nutrition Concept Based on High Order Thinking Skill.
Ulimaz, A., Kuswoyo, A., & Nurisyah, N. (2021). PEMBUATAN ALAT PENGOLAH PRODUK BERBASIS PISANG. Batuah: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 16-20.
Ulimaz, A., Nuryati, N., Ningsih, Y., & Hidayah, S. N. (2021). Analisis Oil Losses pada Proses Pengolahan Minyak Inti Kelapa Sawit di PT. XYZ dengan Metode Seven Tools. jurnal teknologi agro-industri, 8(2), 124-134.
Utami, N. F., & Shintia, N. (2017). Penilaian Kinerja Keuangan dengan Menggunakan Analisis Trend Pada CV Surya Pendingin. In Prosiding Seminar Nasional ASBIS 2017 (Vol. 1, No. 1, pp. 347-357). Politeknik Negeri Banjarmasin.
Wicaksono, S. R., Lubis, M. S. A., Suprapto, E., Khasanah, K., & Ulimaz, A. (2021). Improvisation of Project Based Learning With Combination of Collaborative Learning as Rapid Response to Pandemic Learning. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(2), 215-224.